PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZZ 30 ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6471Abstrak
Penelitian ini didasarkan pada meningkatnya keinginan orangtua dalam membaca Al-Qur’an. Fenomena ini sudah merambah ke jenjang pendidikan Anak Usia Dini. Fenomena ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan generasi selanjutnya. karena jika kecintaan terhadap Al-Qur’an ditanamkan pada anak sejak dini maka hal ini pasti akan memberikan pengaruh yang baik bagi kepribadiannya. Perkembangan yang berkaitan dengan anak tentunya tidak lepas dari dukungan dan dorongan dari lingkungan sekitar. Orang tua adalah madrasatullawwal bagi anak. Melalui penelitian ini, kami berharap peran orang tua dapat ditonjolkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua di TK IT Sakinah Sungai Rumbai untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur'an Juzz ke 30. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini mencakup deskripsi fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan keterwakilan yang tepat. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa dan orang tua, dengan jumlah peserta hanya 9 orang, setiap kelasnya 3 orang. ketika meminta anaknya menghafal, memberikan motivasi sesuai dengan keinginannya dan situasi ekonomi, membimbing mereka selama mereka menghafal Al-Qur'an agar anak merasa ada orang tuanya ketika mereka kesulitan menghafal Al-Qur'an, memberikan sarana yang membantu anak merasa nyaman dalam menghafal Al-Qur’an dan meminta pertanggung jawaban atas hafalannya, misalnya dengan mengulang-ulang dan mengontrol aktivitasnya agar bergerak ke arah yang lebih positif
Kata Kunci:
Pendampingan Orang tua, Membaca Al’Quran, Taman Kanak-kanak, Pendidikan AnakReferensi
Adawiah, R. (2022). Adawiah,R (2002). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan. Repository.Uinjkt.Ac.Id. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66109%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66109/2/11180110000034_RABIATUL ADAWIAH.pdf
Ainia, Wuri, Martati, Badruli, & Rahayu, Aristiana Prihatining. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232
Al-Ghautsan, Yahya bin ‘Abdurrazaq. (2020). Cara Mudah dan Cepat Menghafal al- Qur’an terj. Zulfan. pustaka Imam Asy-Syafi’i, 18(1), 100–190.
Alifatin, Suci Ririn. (2024). Strategi Pengelolaan Rumah Tahfidz Al- Qur ’ an Di Rumah Tahfidz Intensive Center Medan. 4(7), 12850–12860.
Arbarini, Mintarsih. (2018). Skripsi bab 2 utk BAB I. 9–22.
Dudin Abdul Latip, Asep, Hamidah, Siti, Kania, Gina, & Rakeyan Santang, Stit. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Media Al-Qur’an Digital Pen. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(2), 166–175.
Jamil, Ibrahim M., & Mariana, Mariana. (2024). Peran Orang Tua Terhadap Anak dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 415–422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5533
Julianto, Teguh Arafah. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 71–84. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1439
Kusrinah, Kusrinah. (2013). Pendidikan Pralahir: Meningkatkan Kecerdasan Anak Dengan Bacaan Al-Qur’an. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 8(2), 277. https://doi.org/10.21580/sa.v8i2.657
Muhamaad Irfhan. (2019). PERAN ORANG TUA DAN LEMBAGA QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGHAFAL AL QUR’AN (STUDI KASUS RUMAH QUR’AN AHSANU ‘AMALA DI DESA KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR). Jurnal Skripsi, 33.
Munthe, Muammar. (2021). Pola asuh orang tua dalam mendidik anakpenghafal qur’an (studi kasus di kecamatan binjai utara). 128. Diambil dari http://repository.uinsu.ac.id/view/creators/Munthe=3AMuammar=3A=3A.html
NURJANNAH. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL- QUR’AN ANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI BLUMBANG, SAREN, KALIJAMBE, SRAGEN TAHUN 2021 SKRIPSI. 188.
Nurul, Asqia &. Suridha. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah Nurul. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 4129–4138.
Putri, Maulida. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Menghafal Alquran Di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26710/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26710/1/Maulida Putri%2C 190303003%2C FUF%2C IAT%2C 085211588671.pdf
Qomaruddin, Qomaruddin. (2018). Pendampingan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.41
Rahayu, Eka, Anggraini, Vivin Agustin, & Islam, Siti Nurhasanatul. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI. Auladuna; Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 37–49.
Rezeki, Mutia Puteri, & Zulfatmi. (2021). Kontribusi OrangTua dalam Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hafalan Al-Quran Anak di TPA Al Mukhayyarah Darussalam. Takammul, 10(2), 45–60.
ROSA, MIRANDA ILMIA. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA PADA SISWA TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO. Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 101.
Rusdiah, & Nasyafia, Dea. (2021). Penerapan Penghafalan Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Orang Tua Yang Berstatus Sebagai Anggota Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 11(1), 95–103. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.6144
Sarnoto, Ahmad Zain, Ibrohim, Busthomi, & Nugroho, Taufik. (2021). Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Pada Pembelajaran Tahfid Quran Bagi Anak Usia Dini. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(2), 125–138. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i2.796
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D) (22 ed.). Bandung: Alfabeta.
Sutarto. (2022). Analisis Hafalan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7016–7023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Syatina, Haya, Zulfahmi, Junias, & Agustina, Maya. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475
Wahidah, Annis Noviana Rahmat Yani. (2020). PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN METODE TALQIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TAHFIDZ JAMILURRAHMAN, BANTUL. 614–621.
Zain, NiswahMufidah. (2021). POLA KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI (Studi Kasus Di Lembaga PAUD Qur’an Dan TPQ Akordion Malang).
https://doi.org/10.21580/sa.v8i2.657
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D) (22 ed.). Bandung: Alfabeta