https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/issue/feed Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon 2024-01-16T12:24:27+07:00 Irfan Fauzi Rachmat jendelabunda@umc.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Jendela Bunda adalah sebuah jurnal blind peer review, dimana setiap artikel yang diajukan diperiksa dan ditelaah oleh ahli anonim sebelum diputuskan layak atau tidak untuk diterbitkan. Jurnal ini khusus didedikasikan untuk mempublikasikan hasil penelitian berkualitas di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.</p> <p>Dengan semangat dedikasi pada kualitas, Jurnal Jendela Bunda diterbitkan sebagai wadah komunikasi antara para dosen, peneliti, dan profesional dalam menyampaikan hasil penelitian dan pemikiran-pemikiran inovatif di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ini bukan hanya berfungsi sebagai platform publikasi, tetapi juga sebagai sarana pertukaran informasi dan ide di antara para ahli di bidang ini. Seluruh konten yang diterbitkan di jurnal ini tersedia secara online untuk diakses oleh siapapun dari seluruh penjuru dunia tanpa batasan. Dengan demikian, pembaca memiliki kebebasan penuh untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau bahkan menautkan teks lengkap dari setiap artikel yang ada.</p> https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4890 Pengaruh Permainan What’s Missing terhadap Kosa Kata Bahasa Inggris Anak 2023-10-18T21:13:25+07:00 Lestari Pebrianti lestaripebrianti14@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kosa kata Bahasa inggris anak yang disebabkan oleh penggunaan media, metode dan pendekatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan Iwhat’s missing terhadap pengenalan kosa kata bahasa inggris anak di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 77 Ampang Kuranji Dhamasraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk <em>quasi ekperimental </em>dengan jenis <em>one group pretest-postest design </em>yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable bebas dari permainan <em>what’s missing </em>terhadap variable terikat yaitu kosa kata bahasa inggris anak setelah digunakan. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 6 butir dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji <em>normalized gain score</em> dengan SPSS 26 <em>for mindows</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya berdasarkan <em>paired sample t-test </em>(2-trailed) adalah sebesar 0,000&lt;0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan <em>what’s missing</em>berpengaruhterhadap pengenalan kosa kata bahasa inggris anak di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 77 Ampang Kuranji Dhamasraya.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4725 Pengaruh Program Parenting Home Education Video Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Hidayatullah Pesisir Selatan 2023-09-12T20:41:22+07:00 Rahayu Enjelina rahayuenjelina2000@gmail.com <p>Latar belakang dilakukannya oenelitian ini karena karakter anak yang kurang baik, kurang sopan seperti tidak menghargai guru dan temannya, sering berkata kasar, dan ada yang sampai ke kerasan fisik di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana pengaruh program parenting home education video terhadap penbentukan karakter anak di Taman Kanak-kanak Hidayatullah Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif sementara metode quasi eksperimen. Penelitian ini dijalankan di TK Hidayatullah Pesisir Selatan.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4918 PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK MARUZAN MAKASSAR 2023-10-27T21:23:40+07:00 Hadra Susanti Hadrasusanti@gmail.com Parwoto Parwoto parwotofipunm@gmail.com Sri Wahyuni Asti sriwahyuniasti2@unm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terdapat permasalahan yaitu rendahnya kemampuan sains anak yang masih kurang dikarenakan metode pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat monoton. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Tk Maruzan Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) =0,027 &lt; 0,05 H1 diterima dan H0 ditolak, artinya kemampuan sains anak pada kelompok eksperimen mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen memberikan pengaruh terhadap pengaruh terhadap kemampuan sains anak udia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4907 Persepsi Guru terkait Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak di Kecamatan Padang Timur Kota Padang 2023-10-25T17:34:25+07:00 Dwi Anja Sari dwianja2312@gmail.com <p>Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran dimana guru diharapkan untuk mampu dalam mengakomodir gaya belajar anak yang beraneka ragam dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak yang dilihat dari tingkat kesiapan, minat, dan profil belajar anak didik serta guru harus memiliki kreativitas yang menarik perhatian anak-anak. Sekolah Taman Kanak-kanak yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sangat membantu anak usia dini dalam memperoleh ilmu pengetahuan sedari dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini yaitu Guru yang ada di Sekolah Penggerak di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel diambil berdasarkan pertimbangan suatu hal. Sampel penelitian terdiri dari 31 responden. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan angket, sedangkan analisis data yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terkait pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Penggerak di Kecamatan Padang Timur Kota Padang menunjukkan angka indeks sebesar 94,78 termasuk kategori tinggi dengan total 31 guru yang ada di Sekolah Penggerak di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa persepsi guru terkait pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Penggerak di Kecamatan Padang Timur Kota Padang termasuk kategori tinggi dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4745 Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan 2023-09-12T11:38:34+07:00 Feny Meriani fenymeriani99@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kemampuan mengenal kosakata anak dengan optimal, misalnya masih banyak anak yang kesulitan dalam merangkai huruf menjadi sebuah kata.&nbsp; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media<em> wordwall </em>terhadap kemampuan mengenal kosakata anak di Taman kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 orang anak. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang anak, yang terdiri dari B5 15 orang anak di kelas eksperimen dan B6 15 orang anak di kelas kontrol. berdasarkan analisis data, hasil rata-rata <em>pre-test </em>serta <em>pos-tes</em>t pada kelas eksperimen ialah 97,3 dan 15,93. Sementara pada kelas kontrol, rata-rata hasil <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> adalah 9,86 dan 13,13. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikan adalah sebesar 0,000&lt;0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media <em>wordwall </em>berpengaruh terhadap keamampuan mengenal kosakata anak</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4704 Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng 2023-09-04T18:49:38+07:00 Reskyah Latifha Ilhamy reskyahlatifha21@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media <em>flashcard</em> terhadap kemampuan bahasa anak di TK Negeri Kartini Bantaeng. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terhadap permasalahan yaitu rendahnya kemampuan bahasa anak masih kurang dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena menggunakan lembar kerja serta pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat menonton. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian <em>Quasi Eksperiment</em> dengan desain penelitian yaitu n<em>onequaivalent control group</em> desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri Kartini Bantaeng. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak yang diberi perlakuan media <em>flashcard</em> pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Media <em>flashcard</em> memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Negeri Kartini Bantaeng</p> 2023-12-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4697 THE EFFECT OF MAZE GAMES ON STORY TELLING ABILITY CHILDREN AGED 5-6 YEARS AT NURUL FADHILAH KINDERGARTEN KAB. GOWA 2023-08-22T07:59:43+07:00 Amirah Nurdini amirahnurdini22@gmail.com rusmayadi . rusmayadi@unm.ac.id sri wahyuni asti sriwahyuniasti2@unm.ac.id <p>The purpose of this study was to determine the effect of Maze game on the storytelling ability of children aged 5-6 years at Nurul Fadhilah Kindergarten, Gowa Regency. This research uses quantitative methods using quasi experimental design methods. This study targets the population of group B children aged 5-6 years at Nurul Fadhilah Kindergarten, Gowa Regency. This study used purposive sampling as a sampling method. The sample of this study amounted to 24 children where 12 children from group B3 as the experimental group and 12 children from group B1 as the control group. The results showed that the storytelling ability of children who received Maze game treatment in the experimental class was superior compared to the control class. Data analysis showed that the average score of the experimental group was 19.42, compared to 17.42 in the control group. The test result shows (2-tailed) 0.000 &lt;0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that children aged 5 to 6 years at Nurul Fadhilah Kindergarten, Gowa Regency showed a significant increase in storytelling ability after playing the Maze game.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4703 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD KARTINI KABUPATEN BANTAENG 2024-01-16T11:38:30+07:00 Sri Dewi Safirah sridewisafirah@gmail.com <p>Kemampuan anak dalam mengenl angka di Paud Kartini masih dikategorikan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B Paud Kartini. Pendekatan dalam &nbsp;penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan disini adalan jenis penelitian experimen semu atau <em>Quasi experimental design</em>. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em>. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 anak dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 10 anak dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan <em>Uji Wilcoxon Sign Rank Test</em>. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal angka anak yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Nilai peningkatan rata-rata kemampuan mengenal angka anak pada kelompok eksperimen yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu sebanyak 21,60 sedangkan pada kelompok kontrol 12,00. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0.005 &lt; 0.05 maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini.</p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5191 PENGARUH PERMAINAN BOWLING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA GUNUNG TUJUH 2024-01-16T11:55:09+07:00 Sandra Sonita sandrasonita18@gmail.com Resa Tifeni Az-Zahra resa.tifeni@gmail.com Dhia Rahmadani dhiarahmadani919@gmail.com Endang Yustika endangyustika1980@gmail.com Yaswinda Yaswinda resa.tifeni@gmail.com <p class="s30"><span class="s25">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><span class="s26">permainan</span><span class="s27"> Bowling </span><span class="s26">Angka</span><span class="s26">terhadap </span><span class="s26">kemampuan berhitung anak </span><span class="s26">usia 5-6 Tahun</span><span class="s25">. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah </span><span class="s28">Pre-Eksperimental Design</span><span class="s25"> dengan bentuk </span><span class="s28">One Group Pretest PosttestDesign</span><span class="s25">. Populasi dalam penelitian ini di TK </span><span class="s25">Negeri Pembina Gunung Tujuh dengan jumlah anak 3</span><span class="s25">0 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan </span><span class="s28">Sampling Purposive</span><span class="s25">, 15</span><span class="s25">anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan </span><span class="s25">yaitu 16.125 &gt; 2.179 pada taraf signifikan α = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari</span><span class="s26">permainan</span><span class="s27"> Bowling </span><span class="s26">Angka</span><span class="s26">terhadap </span><span class="s26">kemampuan berhitung anak </span><span class="s26">usia 5-6 Tahun</span><span class="s25">yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang &gt; 1,00 dengan interpretasi kuat (</span><span class="s28">Strong Effect</span><span class="s25">). Dengan demikian </span><span class="s25">permainan </span><span class="s28">Bowling</span><span class="s25"> angka </span><span class="s25">dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan </span><span class="s25">kemampuan berhitung </span><span class="s25">anak.</span></p> <p class="s34"> </p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5200 PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN PERMAINAN EDUKATIF DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI 2024-01-16T12:24:27+07:00 SITI AISYAH aissity415@gmail.com <p><em>Penelitian dalam bentuk kajian literature atau studi pustaka ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran guru sebagai fasilitator pembelajaran serta pemanfaatan permainan edukatif digital dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Motivasi belajar pada tahap perkembangan ini sangat krusial untuk membentuk dasar kegemaran belajar dan pemahaman konsep-konsep awal. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di sebuah kelompok anak usia dini. Guru dihadapkan pada permasalahan bagaimana menjadi efektif sebagai fasilitator pembelajaran yang mampu memotivasi anak usia dini. Penerapan permainan edukatif digital diintegrasikan dalam strategi pembelajaran untuk memerangi potensi penurunan motivasi belajar. Pendekatan ini didukung oleh literatur pendidikan anak usia dini yang menekankan pentingnya pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Data dikumpulkan melalui study literatut atau study pustaka yang merupakan rangkaian pengumpulan data&nbsp; dari berbagai sumber, pustaka, membaca, mencatat, dan&nbsp; mengolah hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator pembelajaran yang menggunakan permainan edukatif digital efektif meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Guru yang mengintegrasikan teknologi dengan baik mampu menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis mengenai peran guru dalam merancang pembelajaran yang mengedepankan motivasi belajar anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik dalam mendukung pembelajaran anak usia dini.</em></p> 2024-01-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon