Pendampingan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Novi Respita STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Yeni Susanti
  • Ayu Mustika Sari

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak bimbingan orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Dharma Bakti di Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Salah satu unsur penting dalam perjalanan belajar anak, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbahasa, adalah bimbingan orang tua. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan 15 orang tua, 3 orang guru, dan 1 kepala sekolah sebagai partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua yang konsisten dan berkualitas tinggi berperan penting dalam memajukan kemampuan bahasa anak, termasuk kosakata, pembentukan kalimat, dan keterampilan komunikasi. Selain itu, anak-anak yang memperoleh dukungan orang tua yang lebih intensif menunjukkan perkembangan bahasa yang lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan mereka yang memperoleh bimbingan yang kurang intensif. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya keterlibatan aktif orang tua dalam proses pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam aspek perkembangan bahasa

Keywords:

Pendampingan Orang Tua, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, TK Dharma Bakti

References

ABDUL HADI. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. JURNAL IDAARAH, 2(2), 269–279.

Abdul Hadi. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Jurnal Idaarah, II(2), 269–279.

Arniasih Sholehah, & Aswandi. (2024). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Saat Belajar Dari Rumah Di PAUD Maitreyawira Pontianak Tenggara. JUrnal Untan, 1(1), 1–10.

Cucun Sunaengsih, Dety Amelia Karlina, & Maulana. (2020). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak . JURNAL PASCA DHARMA PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 10–15.

Diah Ayu Cahyani, & Wikan Galuh Widyarto2. (2022). Pola Asuh Co-Parenting Pada Anak Korban Perceraian. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 12(2), 140–160.

Dias Syahrul Riyadi, Ewika Chairany, Ainun Mardiah, & Nur Wahdaniah Ijatul Islamiah. (2021). Peran Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 497–506.

Dina Wilda Sholikh. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191.

Dwi Robiul R, Ivan Arya, & Azka Zakariyya. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Tekomin, 2(1), 124–134.

Elia safitri, & Sri Fatmawati. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Din, 2(2), 20–30.

Emy Yuliartina. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di PAUD Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 54–64.

Hanifah Sukmana, & Dety Mulyanti. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Industri, 5(1), 16–20.

Heleni Filtri, & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 169–178.

Ismiati. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 19–27.

Kurniawan, Syarwani Ahmad, & Achmad Wahidy3. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3409–3418.

Lantip Diat Prasojo. (2016). Manajemen Mutu Pendidikian (Muh. Yazid, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UNY Press.

Liza Refliana Yanti, Rita Kurnia, & Nurlita. (2024). Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 124–140.

Marselina Meo Sewu, Konstantinus Dua Dhiu, & Karmelia Rosfinda Meo Maku. (2021). Pengembangan Tujuan Pembelajaran Aspek Sosial Emosional Berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Roos Dan Kemp Pada Kurikulum 2013 PAUD Kelompok A Dan B Di PAUD Terpadu Citra Bakti Tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 238–247.

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. At-Ta’lim, 2(2), 39–62.

N Aslami, & M Faisal Alfarisyi. (2023). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 7562–7573.

Nhimas Galuh Adriana, & Zirmansyah. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga PAUD. Jurnal AUDHI.

Nur Aimmatul Aula1, & Umul Lathifah. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 37–45.

Saril. (2019). Total Quality Management (TQM) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan. Adaara, 9(2), 963–972.

Sitti Nadirah, Ismail Nasar, Arisman Sabir, Arkam Lahiya, Rosa Zulfikhar, & Zulharman. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064–2071.

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.

Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, Yuanita Kristiani, Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, & Jumiatmoko. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16.

Yusuf Hadijaya, M. Padeli Wibowo, Dimas Dwika Syahrahmanda, Aidelia Novaliza, & Indah Mayasari. (2023). Manajemen Strategik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31170–31176.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Respita, N., Susanti, Y., & Mustika Sari, A. . (2024). Pendampingan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(3), 57–70. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6512