PENGARUH METODE PROYEK PENJERNIHAN AIR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA 1-55 PADANG

Penulis

  • Uva Shintia Syahrimal UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Yaswinda Yaswinda UNIVERSITAS NEGERI PADANG

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5480

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains pada anak belum berkembang dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sains, sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar sains pada anak, serta metode yang digunakan kurang memberikan kesempatan kepada anak dalam mengembangkan keterampilan proses sainsnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek penjernihan air terhadap keterampilan proses sains anak di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-55 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sementara metodenya quasi eksperiment. Penelitian dilakukan di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-55 Padang kelompok eksperimen kelas Ceria sebanyak 21 anak serta kelompok kontrol kelas Mandiri sebanyak 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Didasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test serta post-test kelompok eksperimen adalah 13,57 dan 22,9. Sementara pada kelompok kontrol, rata-rata hasil pre-test serta post-test ialah 12,14 dan 19,52. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Indpendent sample t-test nilai sig (2-tailed) 0,012 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode proyek penjernihan air terhadap keterampilan proses sains anak di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-55 Padang.

Kata Kunci:

Metode Proyek, Keterampilan Proses Sains, Penjernihan Air

Biografi Penulis

Yaswinda Yaswinda, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Dosen UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Referensi

Agustinaningsih, Wiwik. (2023). Melangitkan Bahan Ajar, Membumikan Media Fisika. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, Y., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5329-5342.

Charlesworth, Rosalind & Lind, K Karen. (2010). Math and Science for Young Children. Sixth Edition. Amerika Serikat: Wadsworth.

Cohrssen, C., & Susanne, G. (2021). Embedding STEAM in Early Childhood Education and Care. Switzerland: Palgrave Macmillan.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Helm, Judy Harris, and Lilian G. Katz. (2001). Young Investigators: The Project Approach in the Early Years. New York: Teachers Collage.

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35-43.

Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1-10.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, R., & Zulminiati, Z. (2023). Pengaruh Proyek Gunung Meletus terhadap Kemampuan Sains pada Anak Kelompok B di TK Telkom Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 1-8.

Rao, B., & Kumairi. (2008). Science Process Skills of School Students. India: Discovery Publishing House Pvt. Limited.

Samatowa, Usman. (2018). Metodologi Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang: Tsmart.

Settlage, John & Southerland, Sherry A. (2012). Teaching science to every child: using culture as a starting point. New York: Taylor & Francis Group.

Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Venkatesan, Latha., & Poonam Joshi. (2015). TEXTBOOK OF NURSING EDUCATION. New Delhi: ELSEVIER.

Rebecca S New, Moncrieff Cochran, Early Childhood Education (three volumes); an International Encyclopedia, Westport: Greenwood Publishing Group, 2007.

Katz, L. G., & Chard, S. C. (1995). Engaging children minds: The project approach. New Jersey: Ablex Publishing Corporation.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-17

Cara Mengutip

Syahrimal, U. S., & Yaswinda, Y. (2024). PENGARUH METODE PROYEK PENJERNIHAN AIR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA 1-55 PADANG. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(1), 98–109. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5480