PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN PERMAINAN EDUKATIF DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Penulis

  • SITI AISYAH MAHASISWA

Abstrak

Penelitian dalam bentuk kajian literature atau studi pustaka ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran guru sebagai fasilitator pembelajaran serta pemanfaatan permainan edukatif digital dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Motivasi belajar pada tahap perkembangan ini sangat krusial untuk membentuk dasar kegemaran belajar dan pemahaman konsep-konsep awal. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di sebuah kelompok anak usia dini. Guru dihadapkan pada permasalahan bagaimana menjadi efektif sebagai fasilitator pembelajaran yang mampu memotivasi anak usia dini. Penerapan permainan edukatif digital diintegrasikan dalam strategi pembelajaran untuk memerangi potensi penurunan motivasi belajar. Pendekatan ini didukung oleh literatur pendidikan anak usia dini yang menekankan pentingnya pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Data dikumpulkan melalui study literatut atau study pustaka yang merupakan rangkaian pengumpulan data  dari berbagai sumber, pustaka, membaca, mencatat, dan  mengolah hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator pembelajaran yang menggunakan permainan edukatif digital efektif meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Guru yang mengintegrasikan teknologi dengan baik mampu menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis mengenai peran guru dalam merancang pembelajaran yang mengedepankan motivasi belajar anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik dalam mendukung pembelajaran anak usia dini.

Kata Kunci:

peran guru, fasilitator pembelajaran, pemanfaatan permainan edukatif

Referensi

Eggen, P. & Kauchak D (2012). S for teachers: T content and thinking skills. BPE. No Title.

Susanto, Ahmad. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1) 712-725. No Title.

NAEYC (National Association for the Education of Young Children). (2009). Developmentally appropriate practice in early childhood programs. Young Children 64(2). No Title.

No Title. Susanto, Ahmad (2016) Peran Guru dalam Pengemb Pembelajaran Anak Usia Dini J Pendidik Anak, 5(1), 712-725.

Yuliani, Nurani Sujiono Dan Bharati, Dwija Dinata. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Pellegrini, A. D., & Galda, L. (2010). Ten Myths about Literacy Development. In "Handbook of Reading Research VI (pp. 143 160). R. No Title.

Boggiano, A. K., & Pitts SC (2016). TR of T in SAI "The H of SFP (pp. 99 116). R. No Title.

No Title. Rahmatina, DS, Laksmiwati, H, Babakal, A (2021) Pemanfaat Permainan Edukatif Digit untuk Meningkat Motiv Belajar Siswa J Obs J Pendidik Anak Usia Dini, 5(2), 1286-1294.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

AISYAH, S. (2024). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN PERMAINAN EDUKATIF DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5200