Pengaruh Permainan What’s Missing terhadap Kosa Kata Bahasa Inggris Anak

Penulis

  • Lestari Pebrianti UNIVERSITAS NEGERI PADANG

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4890

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kosa kata Bahasa inggris  anak yang disebabkan oleh penggunaan media, metode dan pendekatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan Iwhat’s missing terhadap pengenalan kosa kata bahasa inggris anak di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 77 Ampang Kuranji Dhamasraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi ekperimental dengan jenis one group pretest-postest design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable bebas dari permainan what’s missing terhadap variable terikat yaitu kosa kata bahasa inggris anak setelah digunakan. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 6 butir dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji normalized gain score dengan SPSS 26 for mindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya berdasarkan paired sample t-test (2-trailed) adalah sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan what’s missingberpengaruhterhadap pengenalan kosa kata bahasa inggris anak di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 77 Ampang Kuranji Dhamasraya.

Kata Kunci:

permainan, kosa kata bahasa inggris

Referensi

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Baiti, Noor. 2021. Perkembangan anak melejitkan potensi anak sejak dini.

Depdiknas. 2003. Tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic:Jurnal Ilmiah Psikologi,4(2),167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Haryanti, Dwi & tejaningrum Dhiarti. 2020. Keaksaraan awal anak usia dini. Jawa Tengah: NEMhttps://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurna Al-Athfal, 2(1),62-69. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140

Muryanti, E., & Herman, Y. (2019). Introducing English Vocabularies To Children By JoliJoli Play. ELP (Journal of English Language Pedagogy), 4(2), 27-33.

Muryanti, E. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216-221.

Muryanti, E. (2023). Efektivitas Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Permainan Mistery Box Di Taman Kanak-kanak Ulul Ilmi Padang. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 127-141 https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1270

Nurzaman, I., Yasbiati, Y., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 40-52.

Pan, L., & Block, D. (2011). English as a “ global language” in China:An investigation into

Rostini, S., & Nafiqoh, H. (2020). Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melaui Permainan Pesan Berantai Dengan Media Gambar. Ceria (Cerdas Energik Responsif

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

Pebrianti, L. (2024). Pengaruh Permainan What’s Missing terhadap Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3), 1–8. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4890