Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4704Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan bahasa anak di TK Negeri Kartini Bantaeng. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terhadap permasalahan yaitu rendahnya kemampuan bahasa anak masih kurang dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena menggunakan lembar kerja serta pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat menonton. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri Kartini Bantaeng. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak yang diberi perlakuan media flashcard pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Media flashcard memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Negeri Kartini Bantaeng
Kata Kunci:
Media Flashcard, Kemampuan Bahasa, Anak Usia DiniReferensi
Adhani, D., Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 109–117. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3494
Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
Andini, A. N., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.
Bakti, S. C. (2022). Jurnal Citra Pendidikan Anak PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK TERPADU CITRA BAKTI Afrensiana Siktas Woa , Konstantinus Dua Dhiu , Gde Putu Arya Oka Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Pasal 3 Nomor 27 Tahun 1990 ( Rita perkembangan sik. 1, 159–171.
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. 12(1).
Hartawan, I. M. (2018). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa’Adah 03 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.190
Hidayat, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 3(2), 277–289.
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317
Kustiyowati, K. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Card Terhadap Pengenalan Pra Membaca Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Nurya Bil Ilma Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.302
Lathiifah, F. H., Badi’ah, A., Prayogi, A. S., & Arini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. 14(1), 17–26.
Marbun, S., & Nurhayatun, S. (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 54. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45327
Nursita, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1–9.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Putri, A. S., & Ibrahim, I. (2022). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 121–130. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1777
Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Itha Idhayanti, R. (2018). Media Gambar Flashcard Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 78–92. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.19
Santa Yohana Antida, D. T., Berkhmas Mulyadi, Y., Pendidikan Guru PAUD, P., & Persada Khatulistiwa Sintang, S. (2021). Pelatihan Membuat Media Flash Card Untuk Mengembangkan Kognitif Anak. Communnity Development Journal, 2(3), 967–972.
Sary, R. M. (2022). The articles PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TK DHARMAWANITA PERSATUAN SUKOREJO SIDAYU GRESIK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 4(1), 16. https://doi.org/10.30587/jieec.v4i1.3708
Tima, N. R., Ita, E., & Ngura, E. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di TK Ade Irma Mataloko. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), 431–444.
Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Genius, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4
Utami, N. T. (2023). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Flashcard. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(01), 43–52. https://doi.org/10.46963/mash.v6i01.692