PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD KARTINI KABUPATEN BANTAENG
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4703Abstrak
Kemampuan anak dalam mengenl angka di Paud Kartini masih dikategorikan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B Paud Kartini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan disini adalan jenis penelitian experimen semu atau Quasi experimental design. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 anak dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 10 anak dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal angka anak yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Nilai peningkatan rata-rata kemampuan mengenal angka anak pada kelompok eksperimen yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu sebanyak 21,60 sedangkan pada kelompok kontrol 12,00. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini.
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Kemampuan Mengenal AngkaReferensi
DAFTAR RUJUKAN
Agnes, C. N. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpaud.
Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach Dalam Bermain Peran Dan Bererita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. Https://Doi.Org/10.29313/Ga.V3i1.4831
Anggraeni, A. A. A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18552
Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802-2812.
Darmiyati, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas. Jurnal Paud.
Hajerah, H., Syamsuardi, S., & Herman, H. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Guru Tk Di Kabupaten Maros. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(9), 680–683
Khairiah, D., Dalimunthe, E. M., & Nasution, I. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 40-48. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/sanak/article/view/193.
Mertadi, G. A. M., Pudjawan, K., & Raga, G. (2014). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Buana Sutha Nugraha Selemadeg. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpaud/article/view/3053
Novitawati, 2021. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25-30. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/3221.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. StandarNasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Pudjawan, K., Ujianti, P. R., & Resmini, N. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 201-211.
Rahmatunnisa, S., Yus, A., & Eviyanti, E. (2020). The Effect of Make a Match Learning Models and Cognitive Ability to Recognize the Concept of Number. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1873-1883. https://bircu- journal.com/index.php/birle/article/view/1401.
Rosa, W. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Engklek Modifikasi di TK Islam Iqra’Kinali Pasaman Barat. Inovtech, 1(02). 1–13. http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/85.
Rusmayadi. 2018. Hubungan Metode Bercakap-Cakap Dan Metode Bercerita Dengan Kemampuan Berbicara Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Teratai Kota Makassar Tahun 2016. Pedagogika: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 9 No 2 Tahun 2018
Sujiono, B & Nurani, Y. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini(Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.
Tamrin, A. F., & Parwoto, P. (2020). Penilaian Multiple Intelligence Pada Paud Danica Kids School Tamalanrea Makassar. Prosiding Hapemas, 1(1), 350-358.
Usti, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Pancing Angka Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 478-488. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/976
Wiyani, N. A. 2020. Dasar-Dasar Manajeman PAUD. Yogyakarta: Arrruzz Media.
Yulistiana, R. (2017). Upaya Pengembangan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak di Taman Kanak-kanak Kesuma Tanjung Karang Barat Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).