PENGARUH PERMAINAN BOWLING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA GUNUNG TUJUH

Authors

  • Sandra Sonita Universitas Negeri Padang
  • Resa Tifeni Az-Zahra Universitas Negeri Padang
  • Dhia Rahmadani Universitas Negeri Padang
  • Endang Yustika Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Bowling Angkaterhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest PosttestDesign. Populasi dalam penelitian ini di TK Negeri Pembina Gunung Tujuh dengan jumlah anak 30 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 15anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan yaitu 16.125 > 2.179 pada taraf signifikan α = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan daripermainan Bowling Angkaterhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 Tahunyaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian permainan Bowling angka dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak.

 

Keywords:

Matematika, Anak Usia Dini, Permainan Bowling, Mengenal Angka, Usia 5-6 Tahun

References

Batauga, Ibnu. (2018). Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak Pada Anak. Kendari: MKB Kreatif.

Hayati, F., & Mustika, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Permainan Bowling Anak kelompok A di PAUD Kasih Ibu Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 3(1), 1-11.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012). Petunjuk Teknis Ujicoba Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting) diLeimbaga PAUD. Jakarta : Dikbud

Nurhayati, S. 2021. Penerapan Metode Bermain Bowling Aritmatika Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah al-Aulad. Volume 6. Nomor 1

Rangkuti, D. (2021, June). Penerapan Media Bermain Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada Anak Ditingkat Di Tk/Paud Adetia Tembung. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 4, No. 1, pp. 64-70).

Sofyan. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : Infomedika.

Subrinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran SD.Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Sonita, S., Az-Zahra, R. T., Rahmadani, D., Yustika, E., & Yaswinda, Y. (2024). PENGARUH PERMAINAN BOWLING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA GUNUNG TUJUH. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5191