DETERMINAN KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA TABUNGAN BRITAMA (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Kanoman Cirebon)

Authors

  • Ali Jufri Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Risdianto Risdianto Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v11i2.1497

Abstract

Globalisasi perdagangan dunia mengakibatkan perubahan yang cepat pada lingkungan bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan yang ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya haruslah dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan harus memiliki keunggulan kompetitif. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing adalah dengan peningkatan kualitas pelayanan, karena dengan kualitas pelayanan yang baik maka kepuasan pelanggan akan tercapai. Banyak cara untuk mengukur kualitas pelayanan, dalam penelitian ini menggunakan metode pengukuran baru untuk mengukur kualitas pelayanan bagi industri Perbankan yang disebut Banking Service Quality (BSQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari variabel Banking Service Quality (BSQ) [keefektifan dan jaminan (X1), akses (X2), harga (X3), keterwujudan (X4), portofolio dan jasa (X5), kehandalan (X6)] terhadap kepuasan nasabah pada tabungan Britama di BRI Unit Kanoman Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 2190 nasabah dan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Accidental Sampling dengan pengambilan sampel sebanyak 96 nasabah. Hasil dari penelitian ini adalah variabel keefektifan dan jaminan (X1), keterwujudan (X4) yang paling tinggi memiliki pengaruh positif dan signifikan disusul oleh variabel  akses (X2), harga (X3), portofolio jasa (X5), dan yang paling rendah dalam mempengaruhi kepuasan nasabah adalah variabel kehandalan (X6).

Kata Kunci : Keefektifan dan Jaminan, Akses, Harga, Keterwujudan, Portofolio Jasa, Kehandalan, dan Kepuasan Nasabah

Downloads

Published

2016-11-30

How to Cite

Jufri, A., & Risdianto, R. (2016). DETERMINAN KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA TABUNGAN BRITAMA (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Kanoman Cirebon). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 199–207. https://doi.org/10.32534/jv.v11i2.1497

Most read articles by the same author(s)