PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION (STUDI KASUS KARYAWAN MARKETING PT. JAYAMANDIRI GEMASEJATI CABANG CILEDUG)

Authors

  • Ali Jufri Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mellanie Mellanie Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.786

Abstract

Perkembangan dan kemajuan industri, salah satunya dapat dilihat dengan adanya perkembangan dunia usaha yang semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya industri barang dan jasa. Kemajuan sektor industri yang pesat menimbulkan tingkat persaingan usaha yang ketat. Demikian juga untuk produk sepeda motor yang menjual barang sejenisnya. Dengan adanya produk sejenis yang dijual oleh dealer yang berbeda, sedangkan keinginan konsumen baraneka ragam membuat konsumen menjadi bebas menentukan produk yang dapat memuaskan kebutuhannya. Oleh karena itu, perusahaan harus mengambil langkah- langkah maju untuk mengunggulin persaingannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention pada karyawan PT Jayamandiri Gemasejati Cabang Ciledug, dengan menerapkan model koesioner dalam pengambilan data.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Kuantitatif, Kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner dan wawancara.

Setelah melaksanakan penelitian Kuantitatif, hasil observasi berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa beban kerja dan stres kerja mempunyai pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap turnover intention kepada PT Jayamandiri Gemasejati Cabang Ciledug. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji T yang menunjukan nilai t-hitung untuk variabel beban kerja sebesar 4,146 dan t- tabel 2,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa 4,146 > 2,01 dan t-hitung untuk variabel stres kerja sebesar sebesar 3,311 dan t-tabel 2,01 serta nilai F hitung sebesar 87,111 dan F tabel sebesar 3.20. Dengan membandingkan nilai F hitung > F tabel, maka dapat diketahui bahwa variabel bebas yaitu beban kerja dan stres kerja secara bersamaan (simultan) berpengaruh terhadap turnover intention pada PT. Jayamandiri Gemasejati Cabang Ciledug.

Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja, Turnover Intention

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Jufri, A., & Mellanie, M. (2019). PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION (STUDI KASUS KARYAWAN MARKETING PT. JAYAMANDIRI GEMASEJATI CABANG CILEDUG). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 14(2), 275–285. https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.786

Most read articles by the same author(s)