PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROFESIONALITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMROH DAN HAJI DI PT. RAUDHATUL MUTAALLIMIN INDRAMAYU

Authors

  • Ahmad Munsit Abdulillah Prodi Magister Manajemen, STIE Cirebon
  • Risdianto Risdianto Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v11i2.1506

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan dan menginterprestasikan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Profesionalitas Pegawai Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji Pada PT. Raudhatul Mutaallimin Indramayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, karena populasi lebih dari 100 (seratus) orang pegawai, yaitu 171 (seratus tujuh puluh satu), maka penelitiannya merupakan penelitian sampel, yang menjadi obyek penelitian ini sejumlah 51 (lima puluh satu) orang pegawai. Terdapat tiga kesimpulan yang dapat diambil : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Kualitas Pelayanan Umroh dan Haji terhadap Kepuasan Jamaah. Keberartian pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jamaah dapat dilihat dari hasil uji t yaitu t hitung sebesar 4,982 > 1,677 maka Ho ditolak, Ha diterima, sedangkan indek determinasi yang disesuaikan sebesar 58,9 %  sisanya 41,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Profesionalitas Pegawai terhadap Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji. Keberartian pengaruh Profesionalitas Pegawai terhadap Kepuasan Jamaah dibuktikan dengan uji t yaitu yang dihitung sebesar sebesar 6,884 > 1,677 maka Ho ditolak, Ha diterima, sedangkan indek determinasi yang disesuaikan sebesar 49,2 % sisanya 51,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif secara bersama?sama antara Kualitas Pelayanan Umroh dan Haji dan Profesionalitas Pegawai terhadap Kepuasan Jamaah, hal ini dapat dibuktikan dengan uji F yaitu nilai F hitung sebesar  47,624 > 3,18 dan nilai indeks determinasi yang disesuaikan 66,5 % sisanya 33,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci  : Kualitas Pelayanan, ProfesionalitasPegawai dan Kepuasan Jamaah

Downloads

Published

2016-11-30

How to Cite

Abdulillah, A. M., & Risdianto, R. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROFESIONALITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMROH DAN HAJI DI PT. RAUDHATUL MUTAALLIMIN INDRAMAYU. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 245–248. https://doi.org/10.32534/jv.v11i2.1506