PENILAIAN KINERJA TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG CIREBON)

Authors

  • Ali Jufri Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Vera Agustin Koswara Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.862

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh positif Penilaian Kinerja terhadap Kinerja Organisasi. Penelitian ini juga ingin membuktikan peran kepuasan Kerja sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dipilih menggunakan metode random sampling sebanyak 67 orang. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indomarco Prismatama. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi dan analisis jalur. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh penilaian kinerja yang positif terhadap kinerja organisasi di PT. Indomarco Prismatama (pvalue 0.002 < 0.05). Kemudian terdapat pengaruh penilaian kinerja yang positif terhadap kepuasan kerja di PT. Indomarco Prismatama Cabang Cirebon (pvalue 0.005 < 0.05), dan yang terakhir terdapat pengaruh kepuasan kerja yang positif terhadap kinerja organisasi di PT. Indomarco Prismatama Cabang Cirebon (pvalue 0.009 < 0.05), hal ini berarti bahwa semakin baik kepuasan kerja maka akan berdampak pada semakin baik kinerja organisasi. Individu yang mempunyai nilai-nilai yang sama dengan organisasi, maka mereka akan mudah berinteraksi secara efisien dengan sistem nilai organisasi, mengurangi ketidakpastian.

 Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Kinerja Organisasi, Kepuasan Kerja

Downloads

Published

2018-11-27

How to Cite

Jufri, A., & Koswara, V. A. (2018). PENILAIAN KINERJA TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 99–110. https://doi.org/10.32534/jv.v13i2.862

Most read articles by the same author(s)