Hubungan Manajemen Pengaturan Shift Kerja Dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita Cirebon Tahun 2016

Authors

  • Ali Jufri Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ulfatun Syaebah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menginterprestasikan Hubungan Manajemen Pengaturan Shift Kerja Dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita Cirebon Tahun 2016. Populasi yang diambil adalah karyawan yang khusus mengurusi tamu Hotel. Karena populasinya kurang dari 100, maka untuk menentukan besarnya ukuran sampel mengacu kepada teori yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto (2010:104) yang menyatakan bahwa apabila subyek kurang dari 100, maka lebih baik diambil  seluruhnya, tetapi apabila jumlah subyek lebih dari 100 dapat diambil antara 10 – 15 % atau 20 – 25 % atau lebih. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu mengambil seluruh karyawan Hotel Apita Cirebon sebanyak 30 Karyawan yang Khusus Mengurusi Tamu Hotel ( (FO dan HK) Respsionis dan Bell Grils/Boy) sebagai sampel penelitian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Manajemen Pengaturan Shift Kerja dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita. Keberartian hubungan Manajemen Pengaturan Shift Kerja dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita dapat dilihat dari hasil uji korelasi bahwa nilai korelasinya sebesar .770 (dibaca 0,770) nilai tersebut bermaksud hubungan antara manajmen pengaturan shift kerja di Hotel Apita dengan peningkatan kinerja karyawan terbilang Kuat, karena nilai interpretasi koefisien korelasi nilai r berada pada rentang nilai 0,60 – 0,799. Berdasarkan perhitungan uji regresi didapatkan bahwa nilai f hitung dari output ANOVAb sebesar 44.666 sementara jika taraf siginifikansi kesalahan ( a ) = 0,05 atau 0,01 dengan rumus : f tabel = f (  1- a ) ( db reg ( b/a ) . ( db res) 28-1= 27 maka f tabel adalah 4,18. Dengan demikian dapatlah di simpulkan bahwa f hitung (44.666) lebih besar daripada f tabel (4,18). Hal ini menggambarkan bahwa peningkan kinerja karyawan Hotel Apita Cirebon tahun kerja 2016 yang didasarkan pada kualitas kerja (quality of work), ketetapan waktu (pomptnees), kemampuan (capability) dan komunikasi (communication) karyawan dikategorikan Baik.

Kata Kunci  : Manajemen Pengaturan Shift Kerja dan Kinerja Karyawan

Published

2016-11-30

How to Cite

Jufri, A., & Syaebah, U. (2016). Hubungan Manajemen Pengaturan Shift Kerja Dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita Cirebon Tahun 2016. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 258–267. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/1508

Most read articles by the same author(s)