Pengaruh Metode Read Aloud Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak kelompok B1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Depok

Penulis

  • Helvi Tiana Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6707

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pada perkembangan bahasa anak yaitu kurangnya pembendaharaan kata, anak belum mampu menyusun kalimat secara kompleks, dan anak belum mampu menyebutkan simbol huruf yang ditunjukkan guru. Hal tersebut diduga karena kemampuan guru dalam pemilihan metode belum tepat dalam upaya peningkatan perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh penggunaan metode read aloud digital terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Depok. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Designs (One Group PretestPosttest), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang yang telah diperoleh akan diuji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjut uji NGain untuk mendapatkan selisih antara pretest atau observasi awal dan posttest atau observasi akhir. Setelah data didapat akan diuji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat dari hasil uji hipotesis Paired Sample T-Test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh dan perbedaan perkembangan bahasa anak antara sebelum dan sesudah diberikan metode read aloud digital di kelompok B1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Depok.
Kata Kunci: Read Aloud Digital, Perkembangan Bahasa Anak, Kuantitatif Eksperimen

Kata Kunci:

Kata Kunci: Read Aloud Digital, Perkembangan Bahasa Anak, Kuantitatif Eksperimen

Referensi

Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Weriana. (2023). Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474.

Choirun Nisak Aulina. (2019). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138.

Hendra, et.al. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Kebijakan Pra Literasi Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323.

Kurniawan, H., Kasmiati, M. A., & Pd, M. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Rizquna.

Mufid, M. A. (2016). Penerapan Metode Reading Aloud Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Pelajaran BTQ Kelas X Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Jurnal Mafhum, 1(2), 200–218.

Sulaiman Saat, Sitti Mania. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: Pusaka Almaida.

Wibowo, S. H., et.al. (2023). Teknologi Digital Di Era Modern. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Yumnah, S. (2017). Membudayakan membaca dengan metode read aloud. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 84–90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-15

Cara Mengutip

Helvi Tiana. (2024). Pengaruh Metode Read Aloud Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak kelompok B1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Depok. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(3), 132–140. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6707