MEMBANGUN FONDASI PENDIDIKAN ANAK MELALUI KETERLIBATAN ORANG TUA DI KB KAMBOJA TANJUNG HARAPAN

Penulis

  • Erdilla Ani Setianingsih STITNU SAKINAH DHARMASRAYA

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6547

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran keterlibatan orang tua dalam membangun fondasi pendidikan anak usia dini di KB Kamboja Tanjung Harapan. Keterlibatan orang tua dianggap sebagai faktor penting dalam mendukung perkembangan anak, baik dari segi akademis, sosial, maupun emosional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan partisipan terdiri dari 15 orang tua, 3 guru, dan 1 kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang terlibat secara aktif dalam aktivitas belajar anak di rumah dan sekolah memiliki dampak positif terhadap perkembangan anak. Selain itu, kolaborasi antara orang tua dan guru sangat membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab pada anak. Kesimpulannya, keterlibatan orang tua secara konsisten dapat membangun fondasi pendidikan yang kuat bagi anak usia dini di KB Kamboja Tanjung Harapan

Kata Kunci:

Keterlibatan orang tua, pendidikan anak usia dini, KB Kamboja Tanjung Harapan, fondasi pendidikan, perkembangan anak

Referensi

ABDUL HADI. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. JURNAL IDAARAH, 2(2), 269–279.

Afida Nurrizqi, & Nur Ziadatul Hasanah. (2022). Urgensi Pendampingan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Masa Darurat Covid-19. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 32, 142–152.

Alfauziah Rahmadani, Murfiah Dewi Wulandari, & Darsinah. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8(1), 88–98.

Arniasih Sholehah, & Aswandi. (2024). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Saat Belajar Dari Rumah Di Paud Maitreyawira Pontianak Tenggara. JUrnal Untan, 1(1), 1–10.

Bayu Ari Rohmiyatun. (2020). Pendampingan Orang Tua Terhadap Proses Bermain Anak Di Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(9), 77–84.

Cucun Sunaengsih, Dety Amelia Karlina, & Maulana. (2020). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak . JURNAL PASCA DHARMA PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 10–15.

Diah Ayu Cahyani, & Wikan Galuh Widyarto2. (2022). Pola Asuh Co-Parenting Pada Anak Korban Perceraian. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 12(2), 140–160.

Dian Sih Miyati, Upik Elok Endang Rasamani, & Anjar Fitrianingtyas. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 139–147.

Dina Wilda Sholikh. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191.

Emy Yuliartina. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 54–64.

Heleni Filtri, & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 169–178.

Lantip Diat Prasojo. (2016). Manajemen Mutu Pendidikian (Muh. Yazid, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UNY Press.

Liza Refliana Yanti, Rita Kurnia, & Nurlita. (2024). Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 124–140.

Marselina Meo Sewu, Konstantinus Dua Dhiu, & Karmelia Rosfinda Meo Maku. (2021). Pengembangan Tujuan Pembelajaran Aspek Sosial Emosional Berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Roos Dan Kemp Pada Kurikulum 2013 Paud Kelompok A Dan B Di Paud Terpadu Citra Bakti Tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 238–247.

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. At-Ta’lim, 2(2), 39–62.

N Aslami, & M Faisal Alfarisyi. (2023). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 7562–7573.

Nhimas Galuh Adriana, & Zirmansyah. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal AUDHI.

Novi Hidayati, Heny Djoehaeni, & Badru Zaman. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926.

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada Paud Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.

Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, Yuanita Kristiani, Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, & Jumiatmoko. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16.

Yusmi Warisyah. (2015, November 7). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Yusuf Hadijaya, M. Padeli Wibowo, Dimas Dwika Syahrahmanda, Aidelia Novaliza, & Indah Mayasari. (2023). Manajemen Strategik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31170–31176

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-24

Cara Mengutip

Ani Setianingsih, E. (2024). MEMBANGUN FONDASI PENDIDIKAN ANAK MELALUI KETERLIBATAN ORANG TUA DI KB KAMBOJA TANJUNG HARAPAN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(3), 71–78. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6547