Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Speech Delay di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6337Abstrak
Interaksi sosial diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam sebuah kelompok yang berkesinambungan. Pada PAUD Harsya Ceria Banda Aceh menunjukkan bahwasanya ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan bicara/Speech delay, dengan perilaku yang ditunjukkan diantaranya kesulitan berinteraksi dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak speech delay. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest postest Design, populasi pada penelitian ini adalah semua anak pada kelompok A yang berjumlah 15 orang, sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling sehingga dalam penelitian ini memfokuskan pada kelompok anak yang berusia 4-5 tahun yang termasuk kedalam kategori anak speech delay berjumlah 4 orang anak di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh. Bersadarkan hasil yang telah dilakukan nilai paired sample t test nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 dimana nilai tersebut < 0,05 dan selanjutnya dengan membandingkan nilai thitung > ttabel diperoleh nilai thitung sebesar -11.000 dan nilai ttabel sebesar 4.303. Dengan demikian diketahui bahwa nilai thitung > ttabel menunjukkan hipotesis Ho tertolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan interaksi sosial anak speech delay di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh.
Kata Kunci:
interaksi sosial, boneka tangan, speech delayReferensi
Bakri, A. R., & Nasucha, J. A. (2021). Pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58-79.
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.
Diana, R. R. (2021). Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 106-117.
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Herpiyana, I., & Hasanah, N. I. (2022). Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay. Jurnal Smart Paud, 5(2), 140-148.
Khairunnisa, K., & Aryanti, D. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 107-116.
Kurnialwaln, H. (2021). Pengalntalr Pralktis Penyusunaln Intrumen Penelitialn. Yogyalkalrtal: Grup Penerbit CV. Budi Utalmal.
Kusumalstuti, A., Khoiron, A. M., & Alchmaldi, T. A. (2020). Metode Penelitialn Kualtitaltif. Yogyalkalrtal: CV Budi Utalmal.
Nunik, N. M., Sagala, A. C. D., & Karmila, M. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Jamuran terhadap Interaksi Sosial Anak Down Syndrome. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 53-66.
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57-64.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rosdialnto, H., Murdalni, E., & Hendral. (2017). Implementalsi Model Pembelaljalraln Poe (Predict Observe Explalin) Untuk Meningkaltkaln Pemalhalmaln Konsep Siswal Paldal Malteri Hukum Newton, Jurnall Pendidikaln Fisikaln, Vol. 6, No. 1, h. 56.
Sri Rizqi Walhyuningrum, Ralgalm ALnallisis Daltal Penelitialn (Salstral, Riset daln Pengembalngaln), (Maldural, IALIN Maldural Press, 2022), h. 1.
Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.
Windayani, N. L.I., Dewi, N. W. R., Yulianti, S. (2021). Reori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Pidie Aceh, Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.