Kegiatan Bermain Pasir Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Inayah Ramadhani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5946

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecerdasan naturalis melalui kegiatan bermain pasir. Dalam penelitian ini, penulis mendapati berbagai informasi seputar tentang judul yang akan kami bahas. Tujuannya agar pembaca dapat mengetahui lebih lanjut tentang kecerdasa naturalis. Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Kecerdasan naturalis membantu manusia untuk mengenali pola dan perubahan pada lingkungan mereka sehingga mereka bisa beradaptasi dan bertahan hidup ,Karena itu stimulasi pada kecerdasan naturalis anak sama pentingnya dengan stimulasi kecerdasan majemuk lainnya. Kecerdasan naturalis dapat diperoleh melalui kegiatan bermain dengan hal-hal di alam sekitar kita seperti bermain pasir. Melalui kegiatan bermain pasir dengan kegiatan main secara konstruktif, dimana anak mampu memanipulasi pasir dengan daya imajinasi, pikiran, ide dan gagasan anak, dengan sebuah karya nyata yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan naturalis. Kegiatan bermain pasir sangat bermanfaat untuk meningkatkatkan kecerdasan naturalis  pada anak usia 4-5 tahun. Melalui artikel ini kita dapat memperoleh gambaran proses aktivitas kecerdasan naturalis pada anak usia 4-5 tahun yang di peroleh melalui kegiatan bermain pasir yang sangat bermanfaat bagi kehidupan anak.

Kata Kunci:

kecerdasan naturalis, meningkatkan, bermain pasir

Referensi

Melani, Intan. (2018). Manfaat Bermain Pasir Sebagai Usaha Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Sendika Fkip Uad, Desember 2018, Volume li

Yuliani Nurani Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Jatmika. (2012). Pedoman Pembelajaran Seni Di Taman Kanak-Kanak Bermain Plastisin. Jakarta: Kemendiknas Direktorat Pembinaan Tk Dan Sd.

Rizkia, Novita. Dkk. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Volume 1, Nomor 1

Sujiono, Nurani. Dan Bambang Sujiono. 2005. Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Pt. Yayasan Citra Pendidikan Indonesia

Ismail, Affandi. (2018). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Evaluasi Pendidikanvolume 9, Nomor 1

Sutrisno, Dkk. 2005. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Media Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Basri. Safitri. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada Anak Usia Dini Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang.

Sriyanti Rahmatunnisa, Siti Halimah. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Bermain Pasir, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No.1.2018.

Jatmiko, Yusef. 2012. Ragam Aktivitas Harian Untuk Playgroup. Jogjakarta: Diva Press.

Hakiki. Nurhalimah. (2020). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Di Laboratorium Naturalis Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-19

Cara Mengutip

Siregar, I. R. (2024). Kegiatan Bermain Pasir Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 88–98. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5946