PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DI MADIN NUR FALAQ
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5665Abstrak
Studi tentang pengaruh pola asuh otoriter terhadap pembentukan akhlak anak merupakan topik yang penting dan relevan, terutama di lingkungan pendidikan agama seperti Madin Nur Falaq. Pola asuh otoriter, yang ditandai dengan ekspektasi tinggi dari orang tua terhadap anak-anaknya sambil memberikan sedikit responsivitas terhadap kebutuhan dan pendapat anak, telah menjadi topik pembahasan yang menarik bagi para peneliti dan praktisi pendidikan. Pendekatan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini untuk memahami secara mendalam dinamika interaksi antara orang tua dan anak, serta pengaruhnya terhadap pembentukan akhlak anak.Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneliti dapat mengumpulkan data yang kaya untuk menganalisis bagaimana pola asuh otoriter diterapkan oleh orang tua di Madin Nur Falaq, dan bagaimana anak-anak merespon terhadap pola asuh tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi aspek-aspek tertentu dari pola asuh otoriter yang berkontribusi terhadap pembentukan akhlak anak, baik secara positif maupun negatif. Dengan demikian, hasil penelitian nantinya dapat memberikan wawasan yang berharga bagi orang tua dan pendidik dalam menerapkan strategi pengasuhan dan pendidikan yang lebih efektif untuk membentuk akhlak anak.
Kata Kunci:
Pola asuh, Orang Tua, Akhlak, Madin Nurul FalaQReferensi
Alfiani, D. A., & Rusman, M. (2017). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga (Studi Kasus Pengembangan Karakter Kepribadian Anak di MI Al-Wasliyah Sumber Kabupaten Cirebon). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 217. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1677
Danik Prahastiwi, E., Tias Aorta, D., & Wahyuningsih, D. (2021). Bergesernya Pola Interaksi Sosial Keagamaan Islam Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(2), 109.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia.
Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius melalui Program Hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11812–11818.
Hidayat, A., Danik, E., & Dwi, D. (2023). Karakteristik Pelaku Game Online di Kabupaten Pacitan Tahun 2022 Dengan Model Logistik Biner. 1(1), 21–27.
Mohammad Adnan. (2018). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak dalam Pendidikan Islam,” dalam Jurnal Studi Keislaman. Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4, No.
Novi Maria Ulfah, D. I. (2016). Etika Dalam Kehidupan Modern: Studi Pemikiran Sufistik Hamka. Jurnal Akhlak Dan Tasawuf, 96–97.
Nur, M., & Suwaid, A. (n.d.). A l y s. 2(September 2022), 578–591.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta).
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Zulkifli. (2018). Akhlak Tasawwuf Jalan Meluruskan Diri. Kalimedia.