GAME SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK

Penulis

  • Ruhita Puspita Dewi ruhitapuspitadewi@gmai.com

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5639

Abstrak

Penelitian ini disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis anak yang masih rendah dikarenakan pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) dan tidak bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun melalui eksperimen sains sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Nurul Huda Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini ditujukan pada anak kelompok B yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 7 perempuan dan 7 laki-laki. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Dengan penelitian menggunakan eksperimen sains sederhana ini dihasilkan meningkatnya kemampuan berpikir kritis anak dilihat setiap siklus yang digunakan.

Kata Kunci:

EksperiEksperimen sains, berpikir kritis

Referensi

Alucyana, A., & Raihana, R. (2023). Pembelajaran Saintifik dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 829–841. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4096

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2021). Edisi Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Mendia Pembelajran Sains. Oktober, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Kadir, A., Thaba, A., Bandung, T., & Nursaadah, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Sains. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 1).

Naisa, A. N., Haenilah, E. Y., & Syafrudin, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak 5-6 Tahun. JAMBURA Early Childhood Education Journal, (Tahun) ISSN, 5, 93–104. https://doi.org/10.37411/jecej.v5i1.1643

Paradita, A. W., Nugraha, F., & Koresponden, P. (2023). under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Abracadabra Games Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 155–168.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (n.d.). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman Melakukan Penelitian Tindakan. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index

Rocmah, L. I., & Sholihah, N. H. (n.d.). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Septi Wingsi, M. (n.d.). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak.

Tindakan, P., Kelompok, D., Mentari, P., & Selatan, K. B. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. https://doi.org/10.21009/JPUD.092

Widayati, A. (n.d.). Penelitian Timdakan Kelas.

Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-19

Cara Mengutip

Dewi, R. P. (2024). GAME SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 8–17. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5639