PENGEMBANGAN KORASE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN SEKOLAH

Penulis

  • Sri Nuraeni Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media korase berbasis web sebagai media komunikasi orangtua dan sekolah. dan untuk mengetahui respon guru dan orangtua terhadap pengembangan media korase berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design,Development, Implementation,dan Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media korase berbasis web dikatakan valid oleh 2 validator. Berdasarkan hasil validasi ahli media  memperoleh nilai komulatif sebesar 75,55 %  dengan kriteria “baik”. Selanjutnya yaitu validasi oleh ahli materi  diperoleh sekor rata-rata komulatif sebesa 84,28 %  dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi guru pada tahapan ujicoba yaitu mendapatkan skor rata-rata sebesar 77,5% dengan kriteria  “Baik” dan ujicoba pada orangtua diperoleh rata-rata sebesar  87,5 % dengan kriteria “Sangat Baik”.

 

Kata Kunci:

Media Komunikasi, Korase, Komunikasi orangtua dan sekolah

Referensi

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183

Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358

Maulana, H., Kasmawi, K., & Enda, D. (2020). Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi,6(3).https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.2993

Nasution, D. H., Akbar, S., & Yuniastuti, Y. (2021). Pengembangan Model Strategi Komunikasi Berbantuan Buku Penghubung untuk Mengontrol Kegiatan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1695. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15113

Noviani, D. (2022). Komunikasi Tri Pusat Pendidikan Upaya Mencegah Kekerasan Terhadap Siswa di Sekolah. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4)

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sari, W., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Buku Penghubung sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orang Tua tentang Perkembangan Ibadah Anak. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.30

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-19

Cara Mengutip

Nuraeni, S. (2024). PENGEMBANGAN KORASE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN SEKOLAH . Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 1–7. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5583