Pemanfaatan Bahan Bekas Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5413Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak melalui pemanfaatan bahan bekas TK Fathina Kabupaten Majene yang berjumlah 20 anak dengan rentang usia 4-5 tahun. Dari 20 anak tersebut terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dan pengumpulan datanya melalui teknik observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : anak yang mampu mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana pada kondisi awal 45 % naik menjadi 75 %. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci:
Kreatifitas, bahan bekasReferensi
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak (jilid 2 edisi ke enam). Jakarta : Erlangga.
Iskandar, Agus. 2006. Daur Ulang Sampah. Azka Mulia Media: Jakarta.
Mudjito. 2007. Pedoman Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Moeslichatoen. (1999). Metode Pengajaran di Tamam Kanak-Kanak. Jakarta Rineka Cipta. Sudono, A
Munandar, Utami ( 1997), Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakartagramedia widyasarana indonesia
Montolalu ,Y, B (2008), Menjadi Pribadi Kreatif Dan Inovatif dan Cendikia, Bandung Acarya Media Utama
Montalalu. 2010. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka
Nursalam. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Nilawati, Eva Sativa. 2010. Menyulap Sampah Jadi Kerajinan Cantik. Nobel Edumedia: Jakarta
Tim Bina Karya Guru. 2004. Terampil Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga
Yus Anita (2011), Penilaian perkembangan Belajar Anak Taman Kanak Kanak , Jakarta Kencana