MENGGALI POTENSI ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK META MODEL

Penulis

  • Rina Hizriyani Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstrak

Orang tua merupakan programmer bagi pikiran anak anaknya, dimana pada usia 0-8 tahun adalah masa keemasan bagi anak yang juga masa dibentuknya program dalam otak anak sehingga karakter yang tumbuh pada diri anak adalah hasil dari program fikiran yang ditanam oleh orang tuanya, demikian juga dengan potensi yang dimiliki oleh anak dapat digali dan dipetakan oleh orang tua. Ketika potensi anak sudah terlihat, maka dengan mudah orang tua pun akan mengarahkan anaknya supaya potensinya semakin berkembang, dan anak akan memiliki hasil yang luar biasa dari potensinya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membantu orang tua untuk merancang masa depan anaknya dengan menggali potensi yang dimiliki oleh anak tersebut, sehingga orang tua lebih mudah dalam memetakan potensi anaknya. metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini adalah Pemetaan potensi anak usia dini melalui sebuah teknik program fikiran dan bahasa Meta Model yang dilakukan oleh orang tua dalam menggali potensi anak- anaknya.

Kata Kunci:

Potensi, Anak Usia Dini, Teknik Meta Model

Referensi

Carol S. Dweck. (2006). Change Your Mindset, Change Your Life, New York

Jamal Makmun Asmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta

Kuswarno. (2009). Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian, Bandung

Lucy. ( 2009). Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak. Jakarta Sumadi Suryabrata. (1995). Psikologi Pendidikan. Makasar

Ahmad Atabik. (2014). Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal ThufulA. https://www.researchgate.net/publication/329780049_PENDIDIKAN_DAN_PENGEMBANGA N_POTENSI_ANAK_USIA_DINI

Emmy Budiartati. (2007). Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/531

Indah Ayu Anggraini, Wahyuni Desti Utami, Salsa Bila Rahma. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di Sd Adiwiyata. Jurnal Islamika. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/570

Komala. (2017). Stimulasi Melejitkan Potensi, Minat Dan Bakat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/650

Sujarwo. (2010). Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Diklus. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/5795

Ulin Nihayah. (2015). Mengembangkan Potensi Anak: Antara Mengembangkan Bakat dan Ekploitasi. Jurnal SAWWA. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/1429

Uswati Husna, Livia Natini Tanura. (2021). Optimalisasi Potensi, Minat dan Bakat Anak-Anak Desa Kinciran Untuk Kemajuan Potensi SDM di Desa Kinciran. Jurnal Griya Cendekia. https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/28

Yan Nurindra. (2015). Cara Bijak Menerapkan Meta Model http://www.yannurindra.com/cara- bijak-menerapkan-meta-model/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Hizriyani, R. (2023). MENGGALI POTENSI ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK META MODEL. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1), 87–96. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/5397