MENINGKATKAN ASPEK KESENIAN ANAK MELALUI MUSIK TRADISIONAL DI TK BABAR SARI PANCUR BATU

Penulis

  • Novi Ardila Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5215

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu lembaga yang memberikan pembinaan dasar untuk mengembangkan perkembangan dan pertumbuhan pada anak. Melalui pembelajaran yang menyenangkan dapat merangsang anak untuk mengikuti pembelajaran tanpa rasa bosan. Musik adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan pendidik untuk membuat pembelajaran yang meyenangkan untuk anak. Melaui musik anak dapat mendengarkan keindahan suara dan juga dapat memunculkan rasa positif dari anak. Akan tetapi musik yang diketahui oleh anak adalah musik-musik modern dimana banyak musik asing seperti musik pop. Pengenalan musik tradisonal adalah salah satu cara agar anak tidak melupakan musik nusantara, dari pengenalan musik tradisonal ini anak juga diajarkan jenis-jenis bahasa yang beragam serta alat musik yang berbeda-beda tergantung dari aderah asalnya. Selain itu pengenalan musik tradisonal juga dapat menimbulkan rasa cinta terhadap budaya. Karena jika anak sudah diajarkan sejak dini maka dia tidak akan melupakan musik tradisonal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan budaya kepada anak serta untuk meningkatkan perkembangan kesenian pada anak.

Referensi

Adina Sastra Sembiring, Pengetahuan Musik Pendidikan Anak Usia Dini,(Medan ; Universitas Negeri Medan 2017)

Krupp-Schleußner, V., & Lehmann Wermser, A. (2018). An instrument for every child: a study on long term effects of extended musik education in German primary schools. Musik EducationResearch, 20(1), 44–58. https://doi.org/10.1080/14613808.

Lubis, Hilda Zahra. 2018. Metode Pengembangan Bahasa anak Pra Sekolah., Vol. 06 No.02. Raudhah. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/277/272.

Masitoh, Heny dkk, Strategi Pembelajaran TK (Jakarta : Universitas terbuka, 2007).Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46,Nomor 1, April 20183, hlm.1-8

Raudha, Pembelajaran Seni Musik Bagi Perkembanagn Kognotif Anak Usia Dini (Hlm. 11- 21)

Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Saung Guru,VII(2),109–115. http://ejournal.upi.edu/index.php/

Yuliani Nuraini, Sentra Musik dan Gerak,(Kebayoran baru : Indocamp : 2016)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-17

Cara Mengutip

Ardila, N. (2024). MENINGKATKAN ASPEK KESENIAN ANAK MELALUI MUSIK TRADISIONAL DI TK BABAR SARI PANCUR BATU. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5215