IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5182Abstrak
Usia dini merupakan tahap usia yang sangat rentan dan responsif terhadap lingkungan belajarnya. Sehingga diperlukan pendidikan yang dapat meletakkan dasar dalam pembentukan perilaku dan etika yang luhur serta pengembangan intelektual yang tinggi dengan mengimplementasikan pembelajaran STEAM. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa implementasi pembelajaran STEAM dapat meningkatkan ketrampilan abad 21 pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dalam lingkungan alamiah, menggunakan sumber data primer. Metode ini melibatkan observasi aktif, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik utama untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran STEAM membawa kontribusi positif dalam pengembangan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, literasi digital, dan keterampilan interpersonal. Pembelajaran STEAM juga dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar anak-anak usia dini. Melalui proyek-proyek yang menarik dan eksperimen sains menyuguhkan pengalaman belajar yang menyenangkan, merangsang rasa ingin tahu, dan memotivasi anak-anak.
Kata Kunci:
Pembelajaran STEAM, Ketrampilan abad 21, Anak usia diniReferensi
Agusniatih, A., & R., S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502–6512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418
DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878
Khairi, H. (2018). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN. 2(2), 15–28.
Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art, Mathematic). Seminar Nasional Paud, 2019: Seminar Nasional PAUD 2019, 203–212.
Novitasari., N. (2022). Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330
Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130.
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (23rd ed.). Alfabeta.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21 [STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Learning to Empower 21st Century Skills]. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.