PENGARUH BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN DI TAMAN KANAK KANAK
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5067Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kosakata anak dan kurangnya variasi media pengajaran kosakata kepada anak oleh guru. Selama ini guru hanya mengajarkan bahasa dan kosakata kepada anak dengan menggunakan alat sederhana seperti buku cerita dan powerpoint sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan kosakata anak. Di era globalisasi saat ini, guru dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anak. Salah satu media dalam mengembangkan kosa kata pada anak adalah dengan metode bercerita dengan menggunakan media berbasis IT, seperti aplikasi zepeto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Laboratorium Universitas Padang dengan contoh kelas b2 dan b3 masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, sehingga data diolah dengan uji kesesuaian (uji-t) menggunakan aplikasi SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil tes dan postes kelompok tes sebesar 6 dan 1053. Sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata hasil uji coba dan postes sebesar 5,6 dan 9,53. Hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Pada pengujian hipotesis dengan uji t independen sampel diperoleh nilai sig (2-tail) sebesar 0,012 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan menggunakan aplikasi zepeto terbukti lebih efektif untuk pengembangan kosa kata pada anak.
Kata Kunci:
bercerita, aplikasi zepeto, pengaruhReferensi
Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik). Bayumedia Publishing Malang, 16(4), 293–303.
Anggraini, G. F. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Daryanto, S., Wang, L., & Jacinthe, P.-A. (2016). Global synthesis of drought effects on maize and wheat production. PloS One, 11(5), e0156362.
Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. 2(2), 62–69.
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(02). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70
Kosanke, R. M. (2019). ??No Title No Title No Title. 1–15.
Lia Noviana. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Di Ds.Wotansari, Kec.Balongpanggang, Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 20.
Mursid, M. (2015). Analisis Pengaruh Pelayanan Front Office Terhadap Perilaku Mahasiswa Di Amik Cipta Darma Surakarta. Among Makarti, 8(1).
Qalam, A., & Ilmiah, J. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI ZEPETO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA ISLAM UNTUK SISWA KELAS 4 SD / MI Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Abstrak memanfaatkan teknologi serta komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan k. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1711–1720.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Refiani, D. (2019). Ahmad Susanto, Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta:Kencana,2015),43 1 9. 9–45.
Saputri, E., Sari, M., Oktaviarini, N., & Sari, E. Y. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI ZEPETO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN II RINGINPITU. 2(3), 277–284.
Saripudin, A. (2017). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. Naturalis Aip Saripudin, 3(1).
Shruti, V. C., Pérez-Guevara, F., Roy, P. D., & Kutralam-Muniasamy, G. (2022). Analyzing microplastics with Nile Red: Emerging trends, challenges, and prospects. Journal of Hazardous Materials, 423, 127171.
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Yuniasti, H. (2021). Another Me Enter An Amazing World, Zepeto: Dalam Kacamata Cyborg Manifesto. Jurnal Kajian Kebahasaan Dan Kesusatraan, 21(2), 120.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489