Pengaruh Media Berbasis Aplikasi SWAY Terhadap Pengembangan Bahasa Inggris Anak

Penulis

  • Yasifa Arkanasya Ummayah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5059

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengembangan pengajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru dan kurangnya guru dalam memvariasikan media pembelajaran dalam pengajaran berbahasa Inggris untuk anak usia dini sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis aplikasi sway terhadap perkembangan bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperiman. Teknik pengumpulan data digunakan adalah lembar observasi, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normalserta homogen. Pada uji hipotesis dengan independent sample t-test nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis aplikasi sway terbukti berpengaruh terhadap perkembangan bahasa Inggris anak.

Kata Kunci : Aplikasi sway, bahasa Inggris

Kata Kunci:

Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Referensi

Amalia, Eka Rizki, Amalia Rahmawati, and Salma Farida. 2019. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita.” Ikhac 1(1):1–12.

Arikunto, Suharsimi. 2006. “2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rhineka Cipta.

Huda, Khoirul. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Ips Sejarah Melalui Aplikasi Sway Berkonten Indis Di Smp Negeri 8 Madiun.” HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 5(2):125–42.

Hurlock, E. B. 1978. “Perkembangan Anak.” Erlangga.

Maretsya, Yulia, N. Kurnia, and A. Sholihah. 2013. “Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambar Kelompok B TK Rafflesia Kota Bengkulu.” Universitas Bengkulu.

Muryanti, Elise. 2020. “Storytelling as a Humanistic Approach in Children Language Stimulation.” KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 8(1):76–82.

Santrok, W. 2007. “John Perkembangan Anak.”

Wahyuni, Syartika Sri, and Rismareni Pransiska. 2019. “Pengaruh Bercerita Dengan Media Replika Televisi Bergambar Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Daud Khalifatulloh Padang.” Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):35–46.

Williams, Melanie. 2002. “Teaching Languages to Young Learners. L. Cameron.” ELT Journal 56(2):201–3. doi: 10.1093/elt/56.2.201.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-17

Cara Mengutip

Arkanasya Ummayah, Y. . (2024). Pengaruh Media Berbasis Aplikasi SWAY Terhadap Pengembangan Bahasa Inggris Anak. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(1), 19–28. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5059