IMPLEMENTASI STIMULASI PSIKOSOSIAL DI LINGKUNGAN KELUARGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN HOME INVENTORY

Penulis

  • Trivena Dyah Wijayanti Universitas Kristen Satya Wacana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi stimulasi psikososial yang dilaksanakan di lingkup keluarga menggunakan instrumen HOME Inventory. Metode penelitian yang diterapkan kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang difokuskan pada implementasi stimulasi psikososial di lingkup keluarga menggunakan instrumen HOME Inventory. Teknik pengumpulan data menerapkan triangulasi sumber data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah orang tua dari ananda L, salah satu anak usia dini berusia 3 tahun di Kota Salatiga untuk mendapatkan data mengenai stimulasi psikososial yang diberikan kepada anak. Objek pada penelitian ini adalah implementasi  stimulasi psikososial menggunakan instrumen HOME Inventory. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan stimulasi psikososial pada ananda L pada studi kasus penelitian ini menggunakan HOME Inventory menunjukkan skor 40 yang menunjukkan bahwa stimulasi pengasuhan yang dilakukan orang tua ananda L sudah baik dan ideal. Stimulasi psikososial tersebut meliputi aspek 1) tanggung jawab orang tua; 2) penerimaan anak; 3) pengalaman sosial; 4) stimulasi pembelajaran; 5) keterlibatan orang tua; 6) variasi pengasuhan.

 

Kata Kunci:

Stimulasi Psikososial, Tumbuh Kembang, Keluarga

Referensi

Arindayani, T. Z., & Suminar, D. R. (2021). Stimulasi Psikososial Untuk Mendukung Pengelolaan Emosi Kebutuhan Khusus. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(No 1). https://doi.org/Volume 2 Nomor 1 (Desember 2021 –Februari 2022)DOI: 10.47353/bj.v2i1.59

Fatin, K., Rahmawati, K. I., & Romadhoni, K. H. (2023). Memahami Individu Melalui Psikologi Perkembangan. Kab. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hasbi, M., Soendjojo, R. P., Fazrin, A. N. S., Masykouri, A., & Rosita, W. (2021). Penataan Lingkungan PAUD Inklusif. Kemdikbudristek: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Hayuningtyas, R. D., N.L., S. F., & Nurwijayanti. (2019). Peranan Stimulasi Psikososial Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Usia Toddler. Kediri: Strada Press.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA: Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur, XVI(No. 1). https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

Pandeirot Nancye. (2021). Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: STIKes Willian Booth Surabaya, 2(2).

Rahayu, T., Hesa, C. P., Andriani, S., Pangestuti, D., & Putri, Y. F. (2022). Metode Pengukuran dan Penilaian Pengasuhan: Serta Pengasuhan Menurut Ragam Sosial Budaya. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(No.2), 320–328.

Rantina, M., Hasmalena, & Yanti Karmila Nengsih. (2020). Buku Panduan Stimulasi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sari, E. (2021). Pengaruh Stimulasi Psikososial Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan William Booth, 10(No 2). https://doi.org/https://doi.org/10.47560/kep.v10i2.290

Zain, T. S. (2022). Observasi Home (Home Observation For Measurement Of The Environment Revisite) Sebagai Instrumen Pengukuran Lingkungan Rumah Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 2(No 2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-16

Cara Mengutip

Dyah Wijayanti, T. (2023). IMPLEMENTASI STIMULASI PSIKOSOSIAL DI LINGKUNGAN KELUARGA MENGGUNAKAN INSTRUMEN HOME INVENTORY . Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4750