PENGARUH PROYEK MENANAM KUNYIT TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS A DI TK ‘AISYIYAH 06 SURABAYA

Penulis

  • Risya Fithriyati

Abstrak

Peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan anak kelas A TK ‘Aisyiyah 06 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitiannya sebanyak 12 anak yang merupakan anak kelas A di TK ‘Aisyiyah 06 Surabaya. Pengumpulan data dengan menggunakan eksperimen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan teknik menurut Wilcoxon yang terdiri dari Pre-Test-Post-Test. Yang dikumpulkan melalui instrument proyek menanam kunyit terhadap kemandirian anak, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dari penelitian ini di ketahui bahwa pengaruh proyek menanam kunyit terhadap kemandirian anak kelas A di TK ‘Aisyiyah 06 di tanamkan melalui pembiasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak pada indicator pemahaman diri menunjukkan nilai mean 2,27 sejumlah anak 5 (41,67 %), dan pada nilai mean 2.18 sejumlah 5 anak (41,67 %). Dari 10 anak dinyatakan mulai berkambang. Pada indicator regulasi regulasi dari 12 anak (100%) dengan nilai mean 2,00, dan tidak ada anak yang dalam katagori belum berkembang dan sudah berkembang

Kata Kunci:

proyek 1, menanan 2, kunyit 3, kemandirian 4

Referensi

Anita. 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: kencana prenada media group.
Ardy, Wiyani Novan. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendedidikan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
———. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Dekdinas. 2018. KTSP.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, Citra, and M Asrori. 2019. “Analisis Pembelajaran Dalam Mengembangkan Dikemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi 1 Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 5(10): 1–15. http://www.eolss.net/sample-chapters/c14/e1-37-02-02.pdf.
Elda Deswika1, Sasmiati, and Baharuddin Risyak. 2016. “PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP SIKAP KOOPERATIF PADAANAK USIA DINI.” universitas Lampung.
Fatimah Rizkyani, Vina adriany, Erna Wulan Syaodih. 2019. “Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua.” Pertumbuhan,Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini vol.16.
Hewi, La. 2015. “Kemandirian Usia Dini Di Suku Bojo.” Jurnl Pendidikan Usia Dini 9(1): 78–91.
Illahi, Sri Rahayu. 2016. Analisis Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD. Pekan Baru: Universitas Riau.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Janah, dan Kusuma. 2013. “Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun).” UNSurabaya Vol.1.
Katz, Lestariningrum. 2015. Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Anak Dalam Bekerjasama Pada Anak Didik Kelompok B2. Di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit K Jurnal Pinus Vol.1 No.3. Blitar: Jurnal Pinus Vol.1 No.3.
Kebudayaan, Mentri Pendidikan dan. 2014. STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Kemendikbudristek BSKAP. 2022. Kemendikbudristek BSKAP RI Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
Keputusan Kepala Bidang, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Nomor 009/H/. 2022. Dimensi, Elemen, Dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Lie, Prasasti. 2004. Karakteristik Kemandirian Anak Usia Dini.
Lipton, Hubble. 2005. Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar. Bandung: Nuansa.
Mardiana. 2014. “Penggunaan Metode Proyek.” Vol.1 No.1.
Mashar, R. 2011. Emosi Anak Usia Dini Dan
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
13
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Strategi Pengembangannya. JAkarta: Indeks.
Moeslichatoen. 2004. Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mohammad Ali, Mohammad Asrori. 2006. Pspikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Noor. 2015. Desain One Guot Pre-Test-Post-Test.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Novitasari, Khikmah. 2017. PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB. Yogjakarta: Universitas PGRI.
Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: SalembaMedika.
Rahayu, Tri. 2014. “Peningkatan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Masalah Sederhana Melalui Metode Proyek Pada Anak TK A Tkit Ibnu Khaldun Cengkiran, Triharjo, Pandak, Bantul.”
Rohmah, Tuti. 2012. Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-A Di RA Al-Ikhlas. Surabaya: UNESA.
Roopnarine, Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Media Group.
Sa’ida, Naili. 2016. “No Title.” Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Vol 2.
Saefudin. 2014. Metode Penelitian. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Setiasih, Ocih. 2012. “Pendekatan Proyek Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Diges Pendidik.
Siti Rahma, Ade Dwi Utami, & Hapidin. 2016. “KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN.” jurnal Ilmiah 11.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
———. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
———. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
———. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suyadi. 2013. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tani, Juliawati. “PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK” ed. S.Ocih.
Tutik Alfiana, Anik Lestariningrum. 2015. “PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAKDALAM BEKERJASAMA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2DI TK KREATIF ZAID BIN TSABIT KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR.” JUrnal Pinus 1(3): 199–203.
Undang, Undang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wahono, Isabella Haslana, Amelia Vinayastri. 2022. Perkembangan Anak Mendukung Implementasi MBKM. Kota Baru: Yayasan Pendidikan Cendikia Muslim.
Yeni Erawati, Muhamad Ali, Halida . 2016. “PENGGUNAAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN.” pendidikan dan pembelajaran khatulitiwa vol 5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Fithriyati, R. (2023). PENGARUH PROYEK MENANAM KUNYIT TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS A DI TK ‘AISYIYAH 06 SURABAYA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4641