ACTIVITY SCHEDULE DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK 5-6 TAHUN

Penulis

  • Wulan Maulia Ramadani

Abstrak

Pendidikan karakter erat kaitannya dengan habit yang terus menerus dilakukan. Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Salah satunya membentuk karakter disiplin. Permasalahan yang ditemukan saat ini mayoritas karakter disiplin pada anak usia dini masih rendah, dan banyak orang tua yang acuh dalam mendisiplinkan anaknya, serta orang tua juga tidak mengatur dan menyusun rutinitas harian anak. Hasil pengamatan beberapa orang tua kurangnya kesadaran dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun, sehingga anak kurang optimal dalam pembentukan karakter disiplin, hal itu karena orang tua belum mengetahui cara yang efektif untuk memberikan parenting dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun, sehingga peneliti memberikan cara yang efektif melalui activity schedule dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan melalui metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keadaan di Desa Beber tentang activity schedule dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin untuk anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Activity schedule efektik dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin untuk anak usia 5-6 tahun dan memiliki manfaat yang luar biasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya, namun dalam mendapatkan hasil yang baik dari activity schedule tergantung pada peran orang tua dan anaknya. Selain itu pendidikan karakter disiplin akan berkembang optimal jika orang tua dan anak berhasil menerapkan activity schedule secara komitmen dan konsisten.

Kata Kunci:

Activity Schedule, Pendidikan Karakter Disiplin.

Referensi

Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1160
Budzi?ska, A., Lubomirska, A., Wójcik, M., Krantz, P. J., & McClannahan, L. (2014). Use of scripts and script-fading procedures and activity schedules to develop spontaneous social interaction in a three-year-old girl with autism. Health Psychology Report, 2(1), 67–71. https://doi.org/10.5114/hpr.2014.42791
Fitria, L. M. (2020). Parenting Islami Dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 119–131.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
3
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2023 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
Meyer, T., & Meyer, C. (2020). Parenting Skills. Creating Motion Graphics with After Effects, 14(1), 312–323. https://doi.org/10.4324/9780240814162-17
Sari, A. Y., & Rofiyarti, F. (2017). Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini. Pedagogi, 3(3c), 227–239.
Sopiah, C. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Cucu Sopiah , S . Pd , M . Si Universitas Muhammadiyah Cirebon , Fakultas Ilmu Pendidikan Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini email : cucu.sopiah@umc.ac.id PENDAHULUAN Keberhasilan. Jendela Bunda, 8(02).
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). ??No Title No Title No Title. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Wara, Z. A. (2019). Jadwal Kegiatan pada Sekolah Sehari Penuh dalam Menanamkan Kedisiplinan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Ramadani, W. M. (2023). ACTIVITY SCHEDULE DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK 5-6 TAHUN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4639