IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (BERNALAR KRITIS) MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS

Penulis

  • Sari Andini Rajab Suleman Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono Wahono Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Gusmaniarti Gusmaniarti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk melihat bernalar kritis siswa dalam pembelajaran eksplorasi sains kurikulum merdeka untuk mengedepankan minat dan bakat siswa, dan didalamnya terdapat Profil Pelajar Pancasila sebagai visi dan misi dunia Pendidikan yang baru, meliputi beberapa aspek penting yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif. Kemampuan bernalar kritis merupakan pokok penting bagi setiap anak untuk menjelajahi dunia dan mulai mempelajarinya, maka dari itu peneliti melakukan penelitian. Peneliti menggunakan motode kualitatif dengan desains penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan kegiatan observasi sekolah terlebih dahulu, wawancara dengan beberapa guru, dan melakukan study literatur/ mencari data-data mengenai penelitian sebelumnya, dan mencari informasi terkait sekolah sebagai tempat penelitian. Kegiatan eksplorasi sains yang di terapkan ada enam terdiri dari, balon mengembang tanpa ditiup, pencampuran warna, jembatan warna, pompa air sederhana, membuat gelembung, hingga mempelajari benda-benda yang terapung, tenggelam, dan melayang, yang dilakukan selama dua minggu. Beberapa kegiatan diatas dilakukan secara bertahap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan pembelajaran eksplorasi sains, kemampuan bernalar kritis anak dapat dikatakan berhasil, yang dilihat dari indeks prestasi mereka, dalam memahami instruksi, menjawab pertanyaan, memberikan pertanyaan, hingga mengantusias membantu teman yang kesusahan, mengambil inisiatif untuk merapikan tanpa diberikan perintah dan melaksanakan tugas dari guru dengan sangat baik.

Kata Kunci:

profil pelajar pancasila, bernalar kritis, eksplorasi

Referensi

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII 6. Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling, vol 7 no 1. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf
Dewi, N. W. R. (2021). Optimalisasi Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni. Widyalaya : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 381–391. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/11246
DS-2055. (2013). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK ADE
ERMA SURYANI SURABAYA. 1–9.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Hanifah, U., & Wasitohadi. (2017). e-jurnalmitrapendidikan, Vol 1, No. 2, April 2017 PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. 1(2), 92–104.
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.
Kharisma Diyenti, A. (2021). Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Family Education, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.11
Krismonix, D. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN ARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - Repositori STKIP PGRI Pacitan. Repository STKIP PGRI Pacitan, 1–6. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/591/
Muis Vangino Daeng Pawero, A. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.
Rahayuningsih, S., Kurniawati, Y., Pranoto, S., & Latiana, L. (2020). 673-Article Text-1680-1-10-20210228.
Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 41–48.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Roostin, E., & Swandhina, M. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dengan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam. Teknodika, 17(2), 39. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.34996
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750
Ryan, T. G. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di RA Nurul Haq Kudus. 2012, 1007–1010.
Sari, M., & Rasyidah. (2022). Analisis Pengembangan Produk Halal Gampong
Lamme Kabupaten Aceh Jaya (Kue Chingkuy) Melalui Media Sosial. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 231–240. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1962
Setyorini, R., Sandi, N. V., & Wibisono, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Permainan “Gerbong Kata.” Generasi Emas, 1(2), 120. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2565
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). ??No Title No Title No Title. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press, October, 1–18.
Zahro, A., Gusmaniarti, G., Ni’mah, A., Suweleh, W., Ayu Winarsih, N. A., & Nadhifa, N. N. (2023). Pengaruh Metode Eksperimen (Gejala Alam Banjir) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di TK Aisyiyah Bebekan. Journal on Education, 5(2), 3174–3177. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.981
Zamrodah, Y. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Pedagogy, 9(2), 36–41.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Suleman, S. A. R., Wahono, W., Gusmaniarti, G., & Suweleh, W. (2023). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (BERNALAR KRITIS) MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4636