PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA WORDWALL DI KELOMPOK B PAUD TUNAS KARYA KOTA CIREBON

Penulis

  • Ratu Yuliana Sekarwati

Abstrak

Berdasarkan observasi awal pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Karya Kota Cirebon TA. 2022/2023, perkembangan kognitif yang terhambat seperti pendiam, suka menyendiri, tidak ingin berbaur dengan teman yang lainny. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penulis mencoba menggunakan pembelajaran dan kegiatan yang belum ada di kelasnya, yaitu dengan bermain permainan wordwall. Dengan adanya permainan wordwall adalah salah satu kegiatan yang perkembangan kognitif, diharapkan dengan adanya kegiatan permainan media wordwall ini kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Karya Kota Cirebon, TA 2022/2023 dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak yang ada di kelas B, untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan anak yang ada dikelas B untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan perkembangan kognitif yang ada dikelas B. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan kemampuan kognitif pada peserta didik kelompok B PAUD Tunas Karya Kota Cirebon meningkat dengan secara bertahap dapat dilihat dari hasil analisis data kemampuan perkembangan kognitif anak pada siklus I diperoleh nilai rata-rata pada anak 70,78%. Anak dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) berjumlah 6 orang atau dengan persentase 35,29%. Anak dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) berjumlah 8 orang dengan persentase 47,05% dan anak dengan kriteria MB (Mulai Berkembang) berjumlah 3 orang atau dengan persentase 17,64%. Pada perkembangan kognitif anak setiap indikator diperoleh pencapaian terbesar adalah pada indikator menyebutkan urutan angka 1-10 secara bersama-sama yaitu 54,89% dengan kriteria perkembangan dengan sangat baik dan pada pencapaian terendah pada indicator menyebutkan angka dengan gambar secara acak yaitu 19,6 %. Hal ini menunjukkan bahwa hasil persentase kemampuan kognitif anak saat melakukan kegiatan pembelajaranmelalui media wordwall sesuai dengan gambar angka yang secara acak yang belum mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan.

Kata Kunci:

wordwall, PAUD Tunas Karya, peserta didik

Referensi

‘Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741
Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
13
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528/445
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 TahunAccess, O. (2019). Open Access. 2(3), 188–191.
Age, J. G., Hamzanwadi, U., Khaironi, M., & Alam, M. B. (2020). Perkembangan kognitif anak perlu distimulasi dan diberi rangsangan agar dapat meningkat Perkembangan kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Potensi kognitif di. 04(2), 261–266.
Ambarwati, W. D., & Surabaya, U. N. (2023). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DIDIK. 12(1), 166–179.
ASTRIANI. (2021). peningkatan kemampuan berpikir simbolik menggunaka macromedia flash.
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI KELOMPOK A ( USIA 4-5 TAHUN ). 2(6), 354–358.
Di, K. A., Dharma, T. K., Tangunan, W., Aprili, D., & Ningtias, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Sains pada.
Fitri, N. D. (2019). PADA ANAK USIA DINI. 6, 101–108.
Frisila, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media W mnjordwall Terhadap] Minat dan Hail Belajar. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAWORDWALL, 167.
I, B. (2009). BAB I. 1–5.
Iii, B. A. B., & Penelitian, A. J. (2016). BAB III. 32–41.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (n.d.-a). bab III. 50–67.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (n.d.-b). BAB III. 20–26.
Kalipapan, K., Negeri, K., & Kanan, K. W. A. Y. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Skripsi, 78.
Marifah, A. (2018). “ peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan konstruktif pada kelompok a di tk hikari .”
Min, D. I., & Tangerang, K. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam pembelajaran daring ( online ) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di min 2 kota tangerang selatan.
Negeri, U., Pendidikan, J., Biasa, L., Naila, L., & Rahmawati, M. (20]18). MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA WORD WALL TER]HADAP PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB-B untuk M]emenuhi Persyaratan Penyelesaian MODEL PEMBELAJARAN
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
14
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
LANGSUNG BERMED]IA WORD WALL TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU K]ELAS I DI SDLB-B. 1–22.]
Nomor, ]V. (2016). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(November), 207–218.
NURRA]HMAH. (2021). PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF.
Penganta]r, A. (2009). 4. perkembangan kognitif pada anak usia dini. 89–116.
Putri, E. M]. (2019). golden age ),. 1(1), 271–285.
REGISTA. ](n.d.). Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Simbolik. 1.
Siti Istiqoma]h. (2018). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGG]A DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Sk]\ripsi, 100.
SRI WAHYUN]I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Masa Belajar dari Rumah melalui Ke]giatan Bermain Matematika yang menyenangkan di TK Hang Tuah. 2021.
ST BINTANG M]ANGIRIANG. (2020). ENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DENGAN M]ENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR ULAR TANGGA DI TK MENTARI BONTOA SK]RIPSI.
Supenti, I. I. S. (20]22). ANALISIS STRATEGI INSTRUKSIONAL GURU DALAM MENGEMBA]NGKAN ASPEK PERKEMBANGAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus TK Ala]m Aisyiyah Bustanul Athfal Harjamukti Kota Cirebon).
Sutisna, I. (n.d.). Te]ori-Teori Perkembangan Kognitif Anak. 7.
(Access, 2019; Age ]et al., 2020; Ambarwati & Surabaya, 2023; ASTRIANI, 2021; Bodedarsyah & Yulianti, 2019; Di] et al., n.d.; Fitri, 2019; Frisila, 2022; I, 2009; Iii & Penelitian, n.d.-a, n.d.-b, 2016; Kalipapan ]et al., 2018; Marifah, 2018; Min & Tangerang, 2020; Negeri et al., 2018; Nomor, 2016; NU]RRAHMAH, 2021; Pengantar, 2009; Putri, 2019; REGISTA, n.d.; Siti Istiqomah, 2018; SRI ]WAHYUNI, 2021; ST BINTANG MANGIRIANG, 2020; Supenti, 2022; Sutisna, n.d.)
s
) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358
Citra Pendidikan, J., Rosana Tima, N., Ita, E., Tantiana Ngura, E., Studi PG-PAUD, P., & Citra Bakti Ngada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di Tkk Ade Irma Mataloko. 1, 431–
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
15
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
444. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index
Heri, M., & Ariana, P. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Tpa Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 3(2), 3–4.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id
Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Pada Usia 5 – 6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 286. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p286-294
Regista Clody Pionika , Sasmiati, A. S. (2018). Telp: +6285840316976. Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini, 1.
Sa’diyah. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Sekarwati, R. Y. (2023). PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA WORDWALL DI KELOMPOK B PAUD TUNAS KARYA KOTA CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4634