DINAMIKA KETERCAPAIAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Penulis

  • Jeimy Aulia Syahidah

Abstrak

Anak usia dini pada tahap perkembangan awal mengalami peningkatan dalam ketrlambatan berbicara dan bahasa sebagai akibatdari adanya kesulitan dalam bahasa, kesulitan dalam membaca, menulis danproses belajar. Keterlambatan bicara dan bahasa anak juga dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan tingkat pendidikan orang tua. Studi Kohort terhadap 18.000 anak di Inggris menemukan bahwa anak dengan status sosial ekonomirendah memiliki risiko dua kali lipat mengalami keterlambatan bicara dan bahasa. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), saat ini 5-8% anak prasekolah mengalami keterlambatan bicara. Bahkan, 21% anak yang mengalaminya, terutama di Jakarta. Perkembangan komunikasi sangat penting pada anak usia dini, karena komunikasi merupakan alat untuk belajar, berinteraksi sosial, dan meningkatkan keterampilan kognitif dan emosional. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk dapat mengetahui proses dan ketercapaian perkembangan komunikasi anak di Kelompok A KB Bina Insan Aisyiyah Jatiwangi dengan jumlah 13 anak, 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa proses dan ketercapaian perkembangan komunikasi di Kelompok A KB Bina Insan Aisyiyah Jatiwangi masih belum tercapai sebagian. Diharapkan dapat mampu mengembangkan metode pembelajaran, kualifikasi guru yang sesuai, diadakannya kerjasama guru dan orang tua minimal sebulan sekali, dan mampu meningkatkan interaksi guru dengan siswa untuk meningkatkan komunikasi anak dan mampu menghitung pengaruh dari yang lainnya terhadap komunikasi anak.

Kata Kunci:

Ketercapaian Komunikasi, Proses Perkembangan Komunikasi, Anak Usia Dini Abstract

Referensi

Aida. (2017). Perancangan Pusat Pengembangan Kreativitas Remaja Autisme. 11–15.(2022). Menggagas Definisi Operasional Soal Pendidikan Multikultural. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5754–5761. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3469
IDAI. (2014). Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan XI Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta : Practical Management In Pediatrics.
Ii, B. A. B. (2017). Upaya Meningkatkan Komunikasi…, Ani Purwati, FKIP UMP, 2020. 6–28.
Jabar, bunda paud. (2023). data PAUD. Bunda Paud. https://bundapaud.jabarprov.go.id/indexpaudkec/321011
Jalil, A. (2015). Memaknai Tradisi Upacara Labuhan Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Parangtritis. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 17(1), 101. https://doi.org/10.18860/el.v17i1.3088
Los, U. M. D. E. C. D. E. (2020). permasalahan autism.
11
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26.
Mathematics, A. (2016). No Title No Title No Title. 19, 1–23.
Modesta & Yulia. (2021). Asuhan kebidanan pada batitta. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Musfiroh, T. (2019). Perkembangan Bahasa dan Komunikasi pada Anak Usia Dini. 5.
Nahri, V. H. (2019). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini, 8.
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
PARAMITHA, M., Hasmalena, H., & Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FAKULTAS KEGURUAN DAN, P. (2021). Studi Kasus Speech Delay Pada Anak Usia (5-6) Tahun Di Rw 003 Kelurahan Karang Jaya Palembang. ISSN, 2622–2396. https://repository.unsri.ac.id/50339/
Pesantren, P., Iman, N., & Perspektif, D. (2022). IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3(1), 514–522.
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Pusdatin. (2023). JUMLAH DATA SATUAN PENDIDIKAN (PAUD) PER PROV. JAWA BARAT. Kemendikbudristek. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud/020000/1
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Wikipedia. (2023). Aisyiyah. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Aisyiyah
Yulianto, H. S. (2023). Pengertian Komunikasi Verbal dan Non-Verbal, Lengkap beserta Contohnya. Bola.Com. https://www.bola.com/ragam/read/5216546/pengertian-komunikasi-verbal-dan-non-verbal-lengkap-beserta-contohnya
Yuniari, N. M. (2021). Kenali Faktor Penyebab dan Dampak Keterlambatan Bicara pada Anak Sejak Dini. Universitas Dwijendra. https://undwi.ac.id/blog/kenali-faktor-penyebab-dan-dampak-keterlambatan-bicara-pada-anak-sejak-dini.html
Zhou, Yang, & Wang. (2020). KUALITAS HIDUP SIBLING ANAK DENGAN AUTIS. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Syahidah, J. A. (2023). DINAMIKA KETERCAPAIAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4633