PEMANFAATAN LOOSE PARTS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B1 DI TK PERMATA UJUNGSEMI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Penulis

  • Syarifatun Hayat

Abstrak

Kreativitas merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan motorik anak usia dini. Hal tersebut memicu guru untuk menyiapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Namun hasil pengamatan yang dilakukan di Tk Permata Ujungsemi menunjukan bahwa ada beberapa anak yang belum menunjukan peningkatan kretivitas secara signifikan. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan loose parts menjadi solusi yang sangat tepat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan loose parts bermuatan STEAM untuk meningkatkan kreativitas anak di Tk Permata Ujungsemi adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi data yang dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan loose parts sebagai media pembelajaran bermuatan STEAM dapat memberi variasi yang lebih banyak. Adanya media loose parts ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak yang pada gilirannya dapat memicu kreativitas mereka dengan demikian. Pemanfaatan loose parts dengan media pembelajaran bermuatan STEAM untuk meningkatkan kreativitas anak di Tk Permata Ujungsemi kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon

Kata Kunci:

Media pembelajaran, loose parts, STEAM, Kreativitas

Referensi

Aas Hasanah, „? Penerapan pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, 2017, h. 275-26
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Aspeknya ( Jakarta: Kencana Pengola Media Grup, 2011). h, 117-118
Cailegigh Flannigan dan Beverlie Dietze,??Children Outdoor Play, and Loose Part??, Journal Of Childhood Studies. Vol . 42, 2017, h.54
Caileigh Flannigan dan Beverlie Dietze, “ Childrean Outdoor Studies. Vol. 42. 2017. H. 24
Maria Melita Rahardjo, “How To Use Loose Parts in STEAM’’, Jurnal Pendidikan Usia Dini, h. 312
Novi Mulyani, Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, h. 45-47
Novi Mulyani. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. h, 19-27
Sherly Smith dan Gilman, „?The Arts, Loose Parts And Conversation’’. Journal Of the Canadian Associationfor Curciculum Studies, Vol. 16m 2018, h. 96
Siantajani. Yulianti 2019. Konsep dan praktek STEAM di PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara
Titania Widya Prmeswari. STEAM Based Learning Strategis by Playing Loose Parts for the Achievenemnt of 4c Skills in Children 4-5 years. Jurnal Efektor Vol:1. Issue 1, 2020.hal:26
Wahyuningsih, Dkk. (2020). The Utilization of Loose Parts Media STEAM Learning for Early Childhood. Early childhoodEducation and Development Jurnal, 2(2). Hlm. 1-5
Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak, h.38-40
Yulianti Sintajani, Loose Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD, h. 9-12
Supriadi, A. & Farhati, “ Perencanaan Pembelajaran Berbasis STEAM. 2022, hl. 6
Musyydah, „? Pembelajaran STEAM, 2019. 100-102
Luthfatun Nisa, „? Tentang eknologi Pendidika Anak Usia Dini, 2020, h. 8
Wahyuningsih, Sri. „? Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Teknology, Art, Engineering, And Mathematic, Pada Kurikulum PAUD, „? Jurnal Golden Age 04, no. 2 (2020) : 290
Holt jhon „? Bagaimana Belajar Siswa?? 2012: 185
Dodge dan Colker „? Pembelajaran Logika Matematika Anak Usia Dini?? 2000, h. 24

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Hayat, S. (2023). PEMANFAATAN LOOSE PARTS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B1 DI TK PERMATA UJUNGSEMI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4632