ANALISIS KETERCAPAIAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RA AN NAZLA

Penulis

  • Saufah Saufah

Abstrak

Capaian pembelajaran (CP) merujuk pada kemampuan belajar yang harus dikuasai oleh murid pada setiap tahap perkembangan, mulai dari fase Fondasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Masa anak usia dini adalah periode penting di mana pertumbuhan mereka sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa atau simbol-simbol tertentu. Oleh karena itu, perancangan pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini menjadi penting agar mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan. Dalam penelitian ini, pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media kartu kecil yang berisi kosakata bahasa Arab, angka, atau huruf Romawi Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk menilai pencapaian hasil pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kecil masih belum optimal di RA AN Nazla, karena beberapa anak menghadapi kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, dan terdapat kurangnya minat dari anak-anak dalam mempelajari bahasa Arab.

Kata Kunci:

Capaian pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, kartu kecil.

Referensi

Aribowo, E. K., & Herawati, N. (2016). Pemilihan Nama Arab sebagai Strategi Manajemen Identitas di antara Keluarga Jawa Muslim. International Seminar Prasasti III: Current Research in Linguistics, 270–277. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/1508/1398
Fadillah, N., Sabae, M., & Ibrahim, M. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dasar Nonformal Untuk Meningkatkan Minat Belajar Penyintas Bencana Banjir Bandang di Kelurahan Kappuna …. … Pendidikan Bahasa Arab, 1–15. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/6568%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/viewFile/6568/4130
Hanisan. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare. UIN Alauddin?: Makassar, 33. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1795/1/HANISAN.pdf
Hasrati, H., Afiah, N., & Yulmiati, Y. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS Ma’arif Ambopadang Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar. Loghat Arabi?: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 17. https://doi.org/10.36915/la.v2i1.22

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Saufah, S. (2023). ANALISIS KETERCAPAIAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RA AN NAZLA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 67–75. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4623