ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS) DI TK INTAN SURABAYA

Penulis

  • Zalza Nabila Nur Fajar Aisyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TK Intan Surabaya. Metode penelitian yang diterapkan kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang difokuskan pada peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TK Intan Surabaya. Teknik pengumpulan data menerapkan triangulasi sumber data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wali murid (orang tua) ananda P, wali kelas, dan kepala sekolah untuk mendapatkan data mengenai perkembangan bahasa anak. Objek pada penelitian ini analisis peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak TK Intan Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orang tua stimulasi yang diberikan orang tua mempengaruhi perkembangan bahasa anak dengan optimal anak bisa berbahasa dan kemampuan bahasa ekspresif.

Kata Kunci:

Perkembangan bahasa, Peran orang tua, Anak usia dini.

Referensi

Acredolo,L. & Goodwyn, S. (2000). Baby minds:Brain-building games your baby will love to play. In Books (p. 224). Bantam Books.
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Arif, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Banguntapan Bantul Improving. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(5), 62–74.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. (Jakarta?: Rineka Cipta (ed.)).
Ismawati, N., Rachmayani, I., & Kunci, K. (2023). Pemetaan Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B. 3(1), 38–46. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/index
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26.
MAIMUNAH Hasan. (2013). PAUD?:(Pendidikan anak usia dini) (Jogjakarta Diva (ed.); 10th ed.).
M. Machado Jeanne. (2013). Early Childhood Experiences In Language Arts (p. 598). Wadsworth cengage learning.
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Pasanea, M. R. H., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.
Safira, Bahrun, & Fauzia, S. N. (2021). Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(1), 11–20.
Santoso, H. (2011). Peran Buku Bacaan dan Lingkungan dalam Menunjang Perkembangan Bahasa Anak. Artikel Pustakawan Perpustakaan UM. http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/Peran buku bacaan dan lingkungan dalam menunjangperkembangan bahasa anak.pdf
Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran Gaya Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kompetensi Sosial Anak. Skenoo?: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.39

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Aisyah, Z. N. N. F. (2023). ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS) DI TK INTAN SURABAYA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 59–66. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4621