PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM NURUL HALIM

Penulis

  • Merli Kemuning

Abstrak

Perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan berpikir seseorang yang diartikan sebagai perkembangan yang menunjukan kemampuan intelektual.salah satunya adalah bahasa arab untuk anak bahasa arab yang sederhana mengenal kata kata sederhana dalam bahasa arab. Pada penelitian ini menggunakan media Busy book untuk melihat permasalahan yang ada pada kelompok A di TK Nurul Halim dalam peningkatan perkembangan anak dalam pembelajaran BahasaArab Anak. Dalam penelitian ini yaitu kelompok A TK Nurul Halim, dengan jumlah siswa 17 siswa yang terdiri dari 12 amak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis data deskriptif  kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi indikator anak mampu mengklasifikasikan warna, bentuk, dan ukuran dengan baik mencapai 75%.  Berdasarkan hasil penelitian sebelum atau pra tindakan didapat data sebagai berikut: Dapat diuraikan Pratindakan  hanya 2 anak yang tuntas dengan presentase 12% dan 15 Anak tidak tuntas dengan presentase 88%dengan hasil rata-rata 1,7 dan presentase keberhasilan 44%, Pada Siklus I ada hari ke 2 mengalami kenaikan dengan presentase 47%,presentase keberhasilan 62,5%, pada siklus ke II mengalami kenaikan yang signifikan yaitu dengan Rata-rata 3,5 dan dengan hasil presentase keberhasilan 87,5% dan dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa arab dengan menggunakan media bussy book sangat berpengaruh sehingga mengalami perkembangan yang sangat memuaskan.

Kata Kunci:

Perkembangan Bahasa, Bahasa Arab Anak, media bussy book.

Referensi

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3
Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6681/4241
Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420
Risa mufliharsi. (2019). Pemanfaatan Busy Book Padakosakata Anak Usia Dinidipaud Swadayapkk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Winata, W., Susanto, A., Suryadi, A., Satriana, M., & Rohaeni, S. (2021). Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1492

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Kemuning, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM NURUL HALIM. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 52–58. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4620