IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Penulis

  • Erna Nurjayanti

Abstrak

Bahasa merupakan bagian penting dalam berkomunikasi sehari-hari untuk mengungkapkan ekspresi dan keinginan. Berkomunikasi dan aktifitas menyimak adalah hal yang selalu dilakukan anak setiap hari. (Oduoluwo & Oluwakemi (2014) mengungkapkan bahwa, menyimak adalah keterampilan komunikasi yang paling dominan dalam kelas dan kehidupan sehari-hari. Banyak metode variatif dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak dalam aspek bahasa, salahsatu metode tersebut adalah Read Aloud. Hasil pengamatan pada metode belajar di TK Miftahul Jannah Kecamatan Widasari melihat ada beberapa anak yang belum bisa mengikuti kegiatan bercerita. Metode tersebut mempunyai efek memusatkan perhatian dan membuat suatu kelompok keterpaduan bentuk. Selain itu, tidak hanya memudahkan guru dalam penggunaannya, tetapi metode ini menggabungkan unsur visual dan auditori, sehingga menarik bagi anak tanpa harus membebani guru. Hal tersebut akan memberikan situasi pembelajaran bercerita yang efektif.

Kata Kunci:

Kemampuan menyimak, Read Aloud

Referensi

Y. A. S. Dewi, “Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa- Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan,” Seling, vol. 3, no. 2, pp. 94–106, 2017.
K. Ni’mah, “Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.
L. Fertiliana Dea, A. Setiawan, and L. Asmiyati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, 2020.
Nur Tanfidiyah and Ferdian Utama, “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 3, pp. 9–18, 2019.
R. Zein and V. Puspita, “Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1199–1208, 2020.
A. Rodiyah, “Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia 3-4 Tahun Pada Play Group Tunas Bangsa Sooko Mojokerto,” PAUD Teratai, vol. 2, no. 1, 2013.
M. Lili and Y. Rivda, “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini,” Pendidik. Tambusa, vol. 4, no. July, p. 502, 2020.
I. Bangsawan, E. Eriani, and R. Devianti, “Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini,” SMART KIDS J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 34–39, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Nurjayanti, E. (2023). IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 15–25. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4611