EFEKTIVITAS MEDIA PUPPET SHOW DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Silvani Alviatus Sakinah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan media puppet show sebaia alat bantu pengajaran untuk meningkatkan kemampuan Bahasa pada anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan 10 siswa, dengan menggunakan instrument penelitian yang telah disiapkan dengan cermat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media puppet show dapat meningkatkan kefokusan anak, menambah pengetahuan anak, dan meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak dengan hasil rata-rata Berkembang Sesuai Harapan. Harapannya adalah, guru dapat lebih bervariasi dan kreatif  dalam penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar agar dapa tercapainya tujuan pembelajaran.

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa Lisan, Media Puppet Show

Referensi

Strajhar, P., Schmid, Y., Liakoni, E., Dolder, P.C., Rentsch, K. M., Kratschmar, D.V., Odermatt, A., Liechti, M. E., Ac, R., No, N., No, C., Oramas, C. V., Langford, D. J., Bailey, A. L., Chanda, M. L., Clarke, S. E., Drummond, T. E., Echols, S., Glick, S.,Mogil, J. S. (2016). Pengaruh Kegiatan Sosiodrama Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Nature Methods,7(6),2016. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374
Piaget, J. Barbel, I. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Suhono, S., Hamdiah, H., Asnawi, H. S., Ali, N., & Dea, L. F. (2021). Pengembangan Bahasa Lisan Anak Usia Dini Melalui Metode Tanya Jawab di Raudhatul Athfal (RA) Nurul Muttaqin. Jurnal Al-Qiyam,1(2),108–117. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i2.132
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Edisi ketiga. Jakarta: Kencana
Santrock. (2014). Psikologi Pendidikan Edisi 5-Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Santrock, W, J. (2008). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Erlangga
Oxford Advanced Learner Dictionary. (2012) Retrieved Januari 16, 2016, from
http://www.oxfordlearnerdictionaries.com
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Bachtiar S. Bachri (2005) Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Kettenagaan Perguruan Tinggi.
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan pPengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Diah Ayu Widowati (2016). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas II B Sd Negeri Margoyasa Yogyakarta.
Henry Guntur Tarigan. (1983). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Slamet Suyanto. (2005). pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenangan Perguruan Tinggi.
Sabarti Akhadiyah, Mukti U.S, Maidar G Arsjad, Sakura N, Rindwan, & Zulanur Z.F. (2018). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Zubandi, A., Astini, B. N., Astawa, I. M. S. & Fahruddin. (2022). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Journal of Classroom Action Reseacrh, 4(4). https;//doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2318.
Kadarsih, Titi. (2017). "Penggunakan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Rinjani PLN Bendege Mataram: Skripsi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.
Rahmatiana, F. ., Astawa, I.M. S. .,Fahruddin, & Rachmayani, I. ., (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamify Tahun 2022. Journal of Action Research, 4(4).
https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2293.of

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Sakinah, S. A. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PUPPET SHOW DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 6–14. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4610