ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Penulis

  • Nadia Fairuz

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4608

Abstrak

Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak untuk menstimulasi perkembangan nya. Berdasarkan hasil pengamatan, permasalahan yang sering terjadi disekolah masih banyak orang tua yang belum paham tentang tahapan perkembangan anak sesuai dengan usianya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua melalui pola asuh demokratis dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak serta mengetahui keberhasilan peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sudah meningkat dengan presentase 81,12% dan termasuk berkembang dengan sangat baik. Untuk mencapai keberhasilan dalam mendidik anak, maka peran orang tua dalam mendampingi anak mencapai keberhasilan sangat diperlukan.

Kata Kunci:

Peran Orang Tua, Stimulasi, Perkembangan Kognitif.

Referensi

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak : Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal StudiIslam,GenderdanAnak,14(2),329345.https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018
Nae, M. E., Ngura, E. T., & Meka, M. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Kober St. Rafael Waruwaja Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(3), 408–421. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index%0AVolume
Slameto, 2003.Peranan ayah dalam pendidikan anak. Salatiga: Satya Wiydya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Fairuz, N. (2023). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 1–5. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4608