Pengaruh Implementasi Metode Karya Wisata Terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu Desa Pagar Banyu Kabupaten Seluma

Pengaruh Implementasi Metode Karya Wisata Terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu Desa Pagar Banyu Kabupaten Seluma

Penulis

  • Yunita Erni Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4418

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karya wisata terhadap aspek perkembangan kognitif anak kelompok B di Paud Harapan Pagar Banyu, Desa Pagar Banyu Kabupaten Seluma. metode yang digunakan adalah metode  eksperimen.  Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah  ini quasy eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah murid kelompok B PAUD Harapan Pagar Banyu kabupaten seluma. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes awal (pretest), pemberian perlakukan (treatment) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji validitas data dan uji N.gain score. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat di peroleh hasil nilai pre test Pengaruh Implementasi Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu, Kabupaten Seluma dengan jumlah 1270 dan rata-rata 66,84. Nilai post test Pengaruh Implementasi Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu, Kabupaten Seluma dengan jumlah 1542 dan rata-rata 81,15. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh implementasi metode karyawisata terhadap aspek perkembangan kognitif anak kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu, Kabupaten Seluma dimana skor Gain dan persentasi gain dimana skor Gain adalah sebasar 0,4170 dalam kategori sedang dan persentase Gain adalah 61,6968 termasuk dalam kategori Cuku Efektif.

Kata Kunci:

Karya Wisata, Perkembangan Kognitif, Anak

Referensi

Arisandhi, R. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Karya Wisata Pada Taman Kanak-Kanak Al- Qur’an Al Mukhlisin. endidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), 73–80.

Artina. (2016). PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 TK ALKHAIRAAT TONDO KECAMATAN MANTIKULORE. Bungamputi, 3(2).

Khairani, M. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini. Golden Age, 3(3).

Konstantinus, D. D., & Dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Nasya Expendin Management.

Moeslichatoen. (2012). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Selvianita, Purwanti, & Ali, M. (2019). Meningkatkan Pengenalan Sains Menggunakan Metode Karya Wisata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Al-Hidayah Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5), 1–13.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Gava Media.

Arisandhi, R. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Karya Wisata Pada Taman Kanak-Kanak Al- Qur’an Al Mukhlisin. endidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), 73–80.

Artina. (2016). PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 TK ALKHAIRAAT TONDO KECAMATAN MANTIKULORE. Bungamputi, 3(2).

Khairani, M. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini. Golden Age, 3(3).

Konstantinus, D. D., & Dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Nasya Expendin Management.

Moeslichatoen. (2012). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Selvianita, Purwanti, & Ali, M. (2019). Meningkatkan Pengenalan Sains Menggunakan Metode Karya Wisata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Al-Hidayah Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5), 1–13.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Gava Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-13

Cara Mengutip

Erni, Y. (2023). Pengaruh Implementasi Metode Karya Wisata Terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu Desa Pagar Banyu Kabupaten Seluma: Pengaruh Implementasi Metode Karya Wisata Terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di PAUD Harapan Pagar Banyu Desa Pagar Banyu Kabupaten Seluma. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1), 61–69. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4418