MANAJAMEN KEPALA RAUDHATUL ATHFAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN MUTU PENDIDIK (STUDI RA NU ASTANAJAPURA CIREBON)

Penulis

  • Azizatussoliha Azizatussoliha
  • Saifudin Saifudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4392

Abstrak

Dalam dunia Pendidikan seorang pendidik sangat berpengaruh dalam kualitas pendidikan, kualitas pendidikan tidak akan pernah tercapai jika tidak ada upaya peningkatan mutu Pendidik. Seorang Kepala Raudhatul Athfal mempunyai peran yang besar dalam  meningkatkan mutu pendidik untuk memajukan Raudhatul Athfal.  Oleh sebab itu dibutuhkan Kepala Raudhatul Athfal yang mampu mengelola mutu dalam meningkatkan kualitas Pendidik secara efektif dan efisien. Karena kemajuan Raudhatul Athfal dan pencapaian keberhasilan visi misi lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh bagaimana Manajemen Kepala Raudhatul Athfal yang baik dan inovatif. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran Strategi Kepala Raudhatul Athfal dalam mengelola lembaga Pendidikan untuk menghasilkan Mutu Pendidik yang berkulitas dalam memajukan lembaga untuk menghasilkan siswa yang cerdas dan lulusan yang berkualitas. Dalam penjelasan akan djabarkan, meliputi: 1) Standar Mutu Pendidik di RA NU Astanajapura Kab Cirebon dan 2) Strategi Pengembangan Mutu Pendidik di RA NU Astanajapura Kab Cirebon.

Kata Kunci:

Manajemen Kepala Raudhatul Athfal, Mutu Pendidik, Pendidik

Referensi

Ali, Muhammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. PT Imperial Bhakti Utama. Akdon. 2009. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

ARMAN, Y. R. (2022). ANALISIS KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA PAUD NEGERI DI KOTA TERNATE UTARA (Doctoral dissertation, Universitas Khairun).
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendekia.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal Dasar Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Raudhatul Athfal. Jakarta: Bumi Aksara.
Bayu, B. S. (2020). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di paud it alhamdulillah yogyakarta. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34-50.
Brantasari, M. (2021). Sosialisasi Manajemen Penyelenggaraan PAUD. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 27-33.
Danim, Sudarwan. 2005. Visi Baru Manajemen, dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik paud di PAUD Al azhar bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059.
Harefa, D., Kumpangpune, N., & Tumbelaka, R. E. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27-34.
Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 18-25.
Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.
Khoiriyah, Siti Mardiyatul. 2008. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidik (Studi Multikasus MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar), Tesis, UIN Maliki Malang.
Librianty, N. (2019). Studi Tentang Peran Kepemimpinan Kepala PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(1), 9-17.
Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program Pembiasaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak di Paud Banyu Belik Purwokerto. Jurnal Thufula, 8(1).
Royani, I., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36-45.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-13

Cara Mengutip

Azizatussoliha, A., & Saifudin, S. (2023). MANAJAMEN KEPALA RAUDHATUL ATHFAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN MUTU PENDIDIK (STUDI RA NU ASTANAJAPURA CIREBON). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1), 33–51. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4392