ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.4044Abstrak
Perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Prajamuda merupakan aspek penting dalam pembentukan potensi kognitif dan kemampuan belajar mereka. Dalam konteks ini, pola asuh orang tua memainkan peran krusial dalam mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui penelitian dan analisis yang dilakukan lewat deskriptif kualitatif, ditemukan bahwa pola asuh orang tua yang mendukung memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif anak di TK Islam Prajamuda. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah orang tua yang memberikan stimulus yang tepat dan bervariasi, komunikasi yang baik, serta tantangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, cenderung mempercepat perkembangan kognitif anak. Diharapkan penelitian dapat memberikan pengaruh pada anak usia dini di TK Islam Prajamuda terkhusus pada perkembangan kognitif yang dimiliki.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Kognitif.
Early childhood cognitive development in Prajamuda Islamic Kindergarten is an important aspect in the formation of their cognitive potential and learning abilities. In this context, parenting style plays a crucial role in influencing children's cognitive development. This study aims to analyze parenting styles and their impact on early childhood cognitive development. Through research and analysis conducted through descriptive qualitative, it was found that supportive parenting styles had a positive influence on children's cognitive development in Prajamuda Islamic Kindergarten. The conclusion in this study is that parents who provide appropriate and varied stimuli, good communication, and challenges that are appropriate to the child's developmental level tend to accelerate children's cognitive development. It is hoped that the research can have an impact on early childhood in Prajamuda Islamic Kindergarten, especially on their cognitive development.
Keywords : Parenting Patterns, Cognitive Development
Referensi
Dalyono, m. (1997). Psikologi Pendidikan, Jakarta?: Renika Cipta.
Desmita. (n.d.). Desmita, Psikologi Perkembangan, hlm 46-47.
Fitriani, I., Dewi, M. S., & Sulyandari, A. K. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di TA Al-Ikhlas Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini?: Dewantara, 4(2), 0–7.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67. https://repositori.kemdikbud.go.id/12861/1/permendikbud_tahun2014_nomor146.pdf
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Medan:Perdana publising, 2016).
mareta wahyuni, irma yuliantina dan utin ritayanti. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, B. I., & Pasal 1, A. 14. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, Ayat 14.
yuliani nurainin sujiono. (2009). Metode Pengembangan Kognitif (Jakarta: Universitas Terbuka ).