PENERAPAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI 9 PILAR KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYAH SAMARINDA

Penulis

  • Marliyanti Marliyanti
  • Budi Rahardjo
  • Fachrul Rozie

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan penanaman nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun melalui 9 pilar karakter pada pilar 2 (Kemandirian, tanggung jawab, dan disiplin). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik analisis data menggunakan Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan pembelajaran penanaman nilai-nilai karakter melalui 9 pilar karakter di telah terlaksana dengan baik. (2) Penerapan penanaman nilai-nilai karakter melalui 9 pilar karakter terlaksana dengan baik dengan kegiatan morning circle dan jurnal pagi, (3) Faktor pendukung kegiatan penanaman nilai-nilai karakter ini bersumber perwakilan guru telah magang selama 3 minggu di Bogor untuk mengikuti kegiatan 9 pilar karakter Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan penanaman nilai karakter pada pilar 2 di TK Hidayah Samarinda sangat berperan penting karena pada pilar 2 (kemandirian, tanggung jawab dan kedisiplinan) merupakan kesiapan awal anak dalam memasuki jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci:

Penanaman nilai-nilai karakter, 9 pilar karakter, Anak Usia Dini.

Referensi

Asa, A. I. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN DRIYARKARA. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR. Mimbar Ilmu, 24(1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Cresweel, john w. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. International Journal of Physiology.
Dafrina, A. (2019). PAUD Sebagai Sarana Akomodasi Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Jurnal Arsitekno. https://doi.org/10.29103/arj.v3i3.1209
Diana, M. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. In ????????? ?????.
Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. In Al-Ta’dib.
Evananda, F., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). STUDI KASUS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DOLAN. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p252
Farida, S. (2017). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD. WACANA DIDAKTIKA. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63
Fauziah, A. (2012). Sekolah Holistik?: Pendidikan Karakter Ala Ihf. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.
Hafid, U. D. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428
Hakim, L., & Dalli, C. (2018). ‘To be professional is a never-ending journey’: Indonesian early childhood practitioners’ views about the attitudes and behaviours of a professional teacher. Early Years. https://doi.org/10.1080/09575146.2016.1256275
Herawati, H. (2018). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK NILAI TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI. Pena Kreatif?: Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.29406/jpk.v7i2.1394
Huang, Y., Li, H., & Fong, R. (2016). Using Augmented Reality in early art education: a case study in Hong Kong kindergarten. Early Child Development and Care, 186(6). https://doi.org/10.1080/03004430.2015.1067888
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Mayasarokh, M., & Rohman, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain RABBANI. Jurnal Pelita PAUD, 3(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.547
Megawangi, R. (2004). Pendidikan {Karakter} {Solusi} {Tepat} {Untuk} {Membangun}. In Jakarta: Indonesia Herritage Foundation.
Megawangi, R. (2009). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah?: Pengalaman Sekolah Karakter. Jurnal Pendidikan Vokasional.
Murray, E., McFarland-Piazza, L., & Harrison, L. J. (2015). Changing patterns of parent–teacher communication and parent involvement from preschool to school. Early Child Development and Care. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.975223
Plaisance, C. (1988). “Giving Away” Information about Child Development. National Association of Early Childhood Teacher Educators Bulletin. https://doi.org/10.1080/23752599.1988.11090029
Polina, L., & Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2). https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam.
Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting.
Putriyani. (2012). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. MEMAHAMI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI Perspektif Psikologi Perkembangan.
Ramdani, F. M., Hufad, A., & Supriadi, U. (2018). PROGRAM INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. SOSIETAS, 7(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10355
Shodiq, S. F. (2017). PENDIDIKAN KARAKTERMELALUI PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DANPENDEKATAN PERKEMBANGAN MORAL KOGNITIF. At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.332
Sofiasyari, I., Atmaja, & Suhandini, P. (2019). Pentingnya pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar di era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1).
Sri Soryani. (2015). PENANAMAN SIKAP TOLERANSI DI KELAS V SD NEGERI SIYONO III KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL ___ _ __ ____ _. Ekp.
Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277
Suryana. (2012). Metodologi Penelitian?: Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Skripsi, September.
Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-02-04

Cara Mengutip

Marliyanti, M., Rahardjo, B., & Rozie, F. (2020). PENERAPAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI 9 PILAR KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYAH SAMARINDA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 44–57. Diambil dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/1347