ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET KARDUS DI TK KARYA BUNDA MANDIRI

Authors

  • Sofia Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sinta Affrilliana Sari Universitas Islam Negeri Sumtera Utara Medan
  • Aisyah Putri Rambe Universitas Islam Negeri Sumtera Utara Medan
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5986

Abstract

Setiap bayi yang baru lahir diberkahi dengan tingkat kecerdasan yang unik. Menurut Gardner, kecerdasan adalah bakat atau keterampilan yang dimiliki seseorang atau yang dikenal dengan sebutan “Kecerdasan Majemuk”. Salah satu kecerdasan yang utama adalah kecerdasan interpersonal. Gardner menegaskan bahwa kecerdasan dapat ditumbuhkan melalui pendidikan dan hal itu juga memerlukan bimbingan, dukungan, dan dorongan yang tepat. Adapun cara yang dapat menstimulasi anak untuk meningkatkan kecerdasan interpersonalnya yaitu dengan permainan estafet kardus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak-anak di TK Karya Bunda Mandiri melalui permainan estafet kardus. Permainan ini diukur berdasarkan tiga indikator utama yaitu: kemampuan bekerja sama, kemampuan berempati, dan kemampuan berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecerdasan interpersonal anak melalui permainan estafet kardus di TK Karya Bunda Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak, 4 laki-laki dan 11 perempuan di TK Karya Bunda Mandiri. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan estafet kardus ini efektif dalam mengembangkan kecerdasaran interpersonal anak. Sebab melalui permainan ini dapat memfasilitasi kerjasama anak, anak juga belajar menunjukkan empati dengan orang lain serta merencanakan strategi secara bersama sama. Secara keseluruhan permainan estafet kardus ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan interpersonal anak-anak di TK Karya Bunda Mandiri. 

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Permainan Estafet Kardus, Anak Usia Dini

References

Barokah, K. (2022). Pengaruh Permainan Ular Naga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Usia 5-6 Tahun Di TK Baiti Jannati, Kecamatan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Chatib, M. (2016). Gurunya Manusia. Penerbit Kaifa.

Hanggara, A. D. (2019). Kepemimpinan Empati Menurut Al-Quran. CV Jejak, Anggota IKAPI.

Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Juherna, N. H. dan E. (2023). Pengembangan Media Aajar POP-UP Book Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 139–150.

Murzal, A. Z. dan. (2023). Integrasi Nilai-nilai Ar-Rahman dan Ar-Rahim Dalam Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 129–138.

Nurbiana Dhieni, Sri Indah Pujiastuti, A. (2010). Meningktkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Menonton Video VCD Cerita Anak. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(13).

Nurtika, E. (2019). Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Metode Bermain Peran. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhtal Athfal, 2(1).

Putri, M. (2018). Pengembangan Empati Anak Usia Dini. Universitas Lampung.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Tarbawi, 13(2).

Royani, M. S. dan M. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model Pembelajaran PBL. Math Didatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Sunanto, Herman, Fakhrur Rozy, A. (2023). Simulasi Guru PJOK Dalam Permainan Estafet Kerdus Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Gotong Royong Sekolah Dasar Negeri 190 Gresik. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7), 698–703.

Syamsidah. (2013). Permainan Bola Estafet Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Tasbita Anindiya, Farisa, D. (2023). Aksi Teori Komunikasi Dalam Teori dan Praktik. PT. Mahakarya Utama Group.

Wilda Rahmina, A. T. N. dan L. A. (2020). Analisis Kegiatan-Kegiatan Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Yuliantini, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. IAS Sambas, II(2), 200–212.

Zafi, S. S. dan A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Zahra, S., Sari, S. A., Rambe, A. P., & Sit, M. (2024). ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET KARDUS DI TK KARYA BUNDA MANDIRI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 108–116. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5986