Telaah Gagasan Kurikulum dan Pendekatan Maria Montessori Pada Pembelajaran PAUD
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5731Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting dalam pengembangan potensi individu. Artikel ini membahas penerapan kurikulum dan pendekatan Montessori sebagai salah satu metode efektif dalam mendukung pertumbuhan dan pembelajaran pada anak usia dini. Pendekatan Montessori, yang dirancang oleh Maria Montessori, menekankan pada pembelajaran yang terpusat pada anak, di mana anak diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungan belajar yang telah disiapkan. Melalui kajian literatur yang mendalam, artikel ini menggali bagaimana kurikulum Montessori dapat memfasilitasi perkembangan kognitif, bahasa, sosial-emosional, sensorimotor, serta nilai-nilai agama dan moral pada anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Montessori tidak hanya mendukung kemandirian dan kebebasan anak, tetapi juga mendorong keteraturan dan disiplin. Dengan demikian, artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendekatan Montessori dapat diintegrasikan ke dalam program pendidikan anak usia dini untuk menghasilkan individu yang berani, mandiri, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Keywords:
kurikulum, pendekatan, maria montessori, anak usia diniReferences
Afifah, D. N. (2020). Membedah Pemikiran Maria Montessori Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 57-68. doi:https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i2.4950
Ahmad Dhomiri, J. J. (2023). Konsep Dasar dan Peranana serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 118-128. doi:https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972
Arifin, Z. (2011). Konsep Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Brintton, L. (2017). Montessori Play and Learn. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Eliyyil Akbar, M. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Elizabeth. G, H. (2008). Kenapa? Montessori, Keunggulan Metode Montessori Bagi Tumbuh Kembang Anak. Samarinda: Mitra Media.
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat ini. As-Salam I, 43-46. doi:https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Mario M. Montessori, J. (1976). EDUCATION FOR HUMAN DEVELOPMENT : UNDERSTANDING MONTESSORI. Amerika: Schocken Books.
Masyrofah. (2017). MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI ANAK USIA DINI. as - sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diambil kembali dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50941
Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Muktar Nurkamelia, B. N. (2022). The Early Childhood Educational Method According to Maria Montessori and KH. Dewantara. Riau: Tarbiyah Suska Conference Sereies. Diambil kembali dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/TSCS
Nana Syaodih Sukmadinata, E. S. (2012). KURIKULUM & PEMBELAJARAN KOMPETENSI. Bandung: PT Refika Aditama.
Nasional, S. P. (2003). UNDANG - UNDANG RI NOMOR 20 TAHUN 2003. Jakarta: Sekretariat Presiden Negara RI, Bambang Kesowo. Diambil kembali dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Peter, N. C. (2015). Early Chilhood Education : history, philosophy, and experience. Sheffield: SAGE Publication.
Purnama, D. S. (2022). Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Jakarta: PT BUMI AKSARA.
Roopnarine. L Jaipul, J. E. (2011). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : DALAM BERBAGAI PENDEKATAN. Jakarta: Prenadamedia Group.
Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: PT Bentang.