PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS BAHAN ALAM UNTUK MENGEMBANGKAN SENI PADA ANAK DI TK BHAYANGKARI ACEH SELATAN

Authors

  • Hijriati Hijriati

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5405

Abstract

Permasalahan seni pada anak adalah dimana ada anak yang tidak mau melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai karena merasa bosan sebab kegiatan tersebut sudah dilakukan setiap harinya. Oleh karena itu, hasil karya anak terlihat masih abstrak dan penuh coretan. Selain itu hasil menempel anak juga sama tanpa adanya kreasi dengan media lain. Padahal, anak bisa bebas mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui media loose parts bahan alam. Karena selain jenisnya yang beragam, anak bisa berkreasi dengan idenya sendiri. Hasil karya yang dibuat dengan menggunakan media loose parts bahan alam juga merupakan salah satu bentuk dari seni rupa.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh media loose parts bahan alam untuk mengembangkan seni pada anak usia dini di TK Bhayangkari aceh selatan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan one group pretest-posttest dengan subjek penelitian anak di kelas B3 yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan ada yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji-t dan uji validitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 47,7% dan posttest 76,1%, uji normalitas 0,019 < 0,05, uji-t dengan thitung > ttabel yaitu 11,25 > 1,701 dengan signifikansi 0,05. Maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose parts bahan alam berpengaruh untuk mengembangkan seni pada anak usia dini di TK Bhayangkari Aceh Selatan.

Keywords:

Media Loose Parts Bahan Alam, seni, anak usia dini

References

Ahmad Zaini (2020). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1

Ana, N. Y (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2 No. 1

Arfatin Nurrahmah, dkk (2019), “Pengantar Statistika 1”, (Bandung: Media Sains Indonesia)

Beata Palmin (2023) Manfaat Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal Lonto Leok Vol.5 No. 1

Betty Yulia W, dkk (2021). STEM KREATIF Pembelajaran Berbasis Alam Menggunakan Natural Loose Parts (Jawa Timur : Academia Publication)

Cahniyo Wijaya Kuswanto (2023), Penggunaan Bahan Alam Melalui Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas AUD, Jurnal Pendidikan Anak Vol.9 No 1

Dokumen 1- KTSP TK Kemala Bhayangkari 07 Tahun 2020-2021

Dwiyama dan Awaliana (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Loose Parts Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar, Vol. 11 No. 2

Farida Mayar (2022), “Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini”, (Yogyakarta: Deepublish)

Guslinda dan Kurnia Rita (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (CV Jakad Publishing : Surabaya)

Husnul Khatimah dan Restu Wibawa (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 2 Nomor 2

I Wayan Agus Gunada (2022). Konsep, Fungsi dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No. 2

Kulsum, Umi (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, Vol 4 No. 2

Lailatul Mardiah dan Habib Hambali (2022), Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, Journal On Teacher Education Volume 4 Nomor 1

Maryam Hadiyanti Siti, dkk (2021), Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini PAUDIA Volume 10, No. 2

Mega Nurrizalia dan Yanti (2022). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Nonformal, (Jakarta : Bening Media Publishing)

Musdalindah, dkk (2022). Karakteristik Gambar Pemandangan Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Harapan Bunda Di Desa Era Baru Kabupaten Sinjai Jurnal Program Studi Pendidikan Seni Rupa

Muzayyanah (2021). Kontribusi Media dari Bahan Alam, Bekas dan Sintetis (Loose Parts) Pada Kreativitas Aptitude Anak Usia Dini di RA Mamba’ul Hikmah Jember

Nadia Fauziah (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Jurnal Ilmiah Vol.8 No. 1

Nikolaus Duli (2019). Metodologi Penilitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS (Yogyakarta: CV Budi Utama)

Nizamuddin, dkk (2017). Metodologi Penelitian, (Bengkalis: Riau Publisher)

Notodmojo (2012), “Metodologi Penelitian Kesehatan”, (Jakaarta: Rineka Cipta)

Nurlita Sari Dian (2018), “Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Dengan Teknik Kreasi Cap Jari Warna-Warni Kelompok B TK Pertiwi Puncangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang” Jurnal Paud Teratai, Volume 07 No 01

Pagarra Hamzah, dkk (2022). Media Pembelajaran (Badan Penerbit UNM : Gunungsari)

Puspita, W (2019). “Penggunaan Loose Parts dalam Pembelajaran Dengan Muatan STEAM.” Jurnal Pendidikan Non Formal, Vol 2 No. 2

Putri Hana Pebriana (2017), “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.1 Issue 1

Putu Aditya Antara, 2015, Pengembangan Bakat Seni Pada Taman Kanak-Kanak, Jurnal Ilmiah Vol. 10 No. 1

Rahmi Ramadhani & Nuraini (2021), “Statistika Penelitian Pendidikan”, (Jakarta: Kencana, 2021)

Rizqy Aisyah Leonia (2022), “Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Kecamatan Tebing Tinggi”, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 9

Rotua Magdalena (2021), Hidup, Seni dan Teks, Jurnal Desain : Kajian Bidang Penelitian Desain Vol.1 No. 1

Said Alhadi (2017), “Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual”, Jurnal Fokus Konseling , Vol 3 No. 2

Saripah (2023), “Bentuk Pengembangan Kemampuan Seni Anak Usia Dini (Konsep, Teori, Dan Aplikasinya)”, (PT Mafiy Media Literasi Indonesia: Sumatra Barat)

Sinta dan Angelica Ester (2022), “Metodologi Penelitian Vokasi”, (Yogyakarta : Deepublish Digital)

Siti Nurjanah dan Muthmainah (2023), “Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.7 Issue 3

Siyoto Sandu dan Sodik Ali (2015). Dasar Metodologi Penelitian, ( Yogyakarta : Literasi Media Publishing)

Sumarseh, Delfi Eliza (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Hijriati, H. (2024). PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS BAHAN ALAM UNTUK MENGEMBANGKAN SENI PADA ANAK DI TK BHAYANGKARI ACEH SELATAN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(1), 79–88. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i1.5405