ANALISA KESIAPAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI TK KUSUMA BANGSA KECAMATAN PABEAN CANTIAN KOTA SURABAYA

Authors

  • Endiyah Mathofany
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Gusmaniarti Gusmaniarti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono Wahono Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengetahui persiapan dan pelaksanaan dalam Kurikulum Merdeka pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan di TK Kusuma Bangsa Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya. Kurikulum Merdeka yang merupakan pengembangan perbaikan dari Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka merupakan rencana pembelajaran yang berbeda yang isinya dioptimalkan untuk memberikan siswa untuk memiliki cukup waktu dalam membiasakan diri dengan konsep dan memperkuat ketrampilan mereka. Pembelajaran pada anak usia dini saat ini diarahkan kepada pembelajaran saintifik sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, respoonden dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah dan 2 guru kelas pada TK Kusuma Bangsa Kecamatan Kusuma Bangsa Kota Surabaya.  Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah memahami mengenai karakteristik dan struktur Kurikulum Merdeka, rencana dan proses pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka sudah di tunjang oleh para kepala sekolah dan para guru dengan mengikuti pelatihan. Modul ajar pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka mempunyai dua jenis, modul ajar umum dan modul ajar khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sarana dan prasaran juga telah disiapkan lembaga pendidikan anak usia dini untuk menunjang proses pembelajaran, proses penilaian dalam Kurikulum Merdeka juga sudah menggunakan asesment outentik.

Keywords:

Analisa Kesiapan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini

References

Adolf Bastian;Reswita;Azlin Atika Putri. (2022). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6 (2022)), 5541–5548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Chairun Nisa Fadillah;Hibana. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 8.
Dr. Yuliani Nurani Sujiono, M. P. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi (Bambang Sarwiji (ed.); EDISI REVI, pp. 2–18). PT Indeks.
Ezra Tari;Endrik A.E. Lao;Martin Ch. Liufeto;Lanny I.D. Koroh. (2022). Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2685-936X), 2685–9351. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/
Juju Saepudin. (2021). KESIAPAN LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENYIAPKAN GURU PROFESIONAL DI IAIN RADEN INTAN LAMPUNG. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan,. //jurnaledukasikemenag.org/
Kemdikbud.RI. (2022). STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA. guru.kemdikbud.go.id
Kemendikbud.RI. (2022). ASESMEN PENILAIAN PAUD. Guru.Kemdikbud.Go.Id. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/video/104?from=topik&materi=261&materi_name=Menyiapkan Asesmen&menuId=5&modul=33&modul_name=&recordProgress=true&topik=5&topik_name=Asesmen PAUD
Kemendikbudristek. (2022). MERDEKA BELAJAR. guru.paud.belajar.id
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). KRITERIA MINIMUM DAN SARANA PRASARANA ESENSIAL PENYELENGGARAAN LAYANAN PAUD. Paud@kemdikbud.go.id%0D
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, D. T. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
Khoirurrijal. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA (Cetakan I). CV Literasi Nusantara Abadi.
Lina Eka Retnaningsih, & Ummu Khairiyah. (2022). KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 2.
MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, D. T. (2022). KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 56/M/2022 TENTANG PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM DALAM RANGKA PEMULIHAN PEMBELAJARAN. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf
Muhammad Nur Wangid;Ali Mustadi;Vera Yuli Erviana; Slamet Arifin. (2014). KESIAPAN GURU SD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK- INTEGRATIF PADA KURIKULUM 2013 DI DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2.
Ni Kadek Candra Purani, I. K. D. A. S. P. (2022). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 2 CEMPAGA. ITP Markandeya Bali, Bangli, Indonesia, 2.
Prof.Dr.Lexy J.Moleong, M. . (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Edisi ke 3, p. 1:397). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono.P.D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, R&D (p. 456). ALFABETA.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Mathofany, E., Suweleh, W., Gusmaniarti, G., & Wahono, W. (2023). ANALISA KESIAPAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI TK KUSUMA BANGSA KECAMATAN PABEAN CANTIAN KOTA SURABAYA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4653