PENGARUH PENERAPAN VIDEO ANIMASI POP UP TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN) DI TK AISYIYAH 20 SURABAYA

Authors

  • Nur Saffana Fajar Zaen

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh video animasi Pop Up terhadap peningkatan literasi sains anak usia dini (usia 5-6 tahun) kelompok B. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah 20 Surabaya, medode yang gunakan adalah metode kuantitaif dengan desain penelitian pre-eksperimental meliputi jenis one-group pre-test post-test design, dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelompok kelas yang berjumlah 17 orang. Tahapan dalam penelitian ini meliputi pre-test, perlakuan (treatment), dan post-test. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengetahui jumlah selisih nilai sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu nilai Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Karena kurang dari 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji Wilcoxon, menunjukan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Adanya pengaruh yang signifikan penerapan video animasi pop up terhadap peningkatan literasi sains anak usia dini (usia 5-6 tahun) di TK Aisyiyah 20 Surabaya. Penerapan media video animasi pop up sangat berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains anak usia dini (5-6 tahun) kelompok B karena media video animasi pop up yang dilakukan oleh peneliti, dapat meningkatkan literasi sains anak usia dini (5-6 tahun), dapat menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman baru peserta didik, dapat menumbuhan motivasi belajar anak, dan dapat menarik konsentrasi peserta didik.

Keywords:

Anak Usia Dini, Literasi Sains, Video Animasi, Pop Up

References

Aini, Q., Almadinab, M., Safitri, V., Mawaddah, N., & Sa’ida, N. (2021). Pop Up Digital Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 516. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.657
Aisah, S. (2022). Pengembangan Media Maze 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Literasi Sains Di Tk Pertiwi Bangko. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Affrida, E. N. (2018). Model Pembelajaran Literasi Dasar Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Di Taman Kanak-Kanak. Wahana, 70(2), 7–10. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i2.1736
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dwi Agustina, M., Nur Hudha, M., & Nur Kemala, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 2747–206.
Eliza, D., Mulyeni, T., Budayawan, K., Hartati, S., & Permana, A. I. (2022). Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini. 6(6), 7069–7077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640
Fitriani, A. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303–316.
Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Sains, 353-365.
Kusumasturi, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA
Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers ( Belia), 3(2), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727
Hasnida. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia dIni. Jakarta Timur : Luxima Metro Media.
Hermawan, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Media Video Terhadap Literasi Sains. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia4-5 Tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385–391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 894.
Munawar, B. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. … Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(November 2020), 93–104. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/9071
Ningrum, M. N., Dewi, N. R., & Parmin, P. (2018). Pengembangan modul pop-up berbasis inkuiri terbimbing pada tema tata surya untuk kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.14439
Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Rosari, M. S. (2020). Penerapan Literasi Sains Melalui Kegiatan Eksplorasi Bertematik Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok Tk B Di Tk Kanisius Jatingaleh Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750
Septy Nurfadhillah, M., & dkk. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: Cv Jejak, anggota IKAPI.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyadi, M. P. (2021). Implementasi Pop-Up Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Sebagai Media Literasi. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 67. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9290
Venika, D. (2023, Januari 11). Menerapkan Literasi pada Anak Usia Dini di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, pp. 34-36.
Westhisi, S. M., Atika, A. R., & Zahro, I. F. (2019). PENGEMBANGAN LITERASI SAINS UNTUK ANAK USIA DINI KELOMPOK B. JURNAL TUNAS SILIWANGI, 34.
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal PANCAR, 272.
Yunus, M., & Mitrohardjono, M. (2020). Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol 3(No. 2), 129–138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121 130

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Zaen, N. S. F. (2023). PENGARUH PENERAPAN VIDEO ANIMASI POP UP TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN) DI TK AISYIYAH 20 SURABAYA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4650