PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI METHODE BERMAIN FLASHCARD BERSUARA DI KELOMPOK B1 TK ISLAM NURUL HIKMAH

Authors

  • Suci Eka Sari

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hikmah Desa. Megu Gede Kec. Weru Kab. Cirebon TA. 2022/2023, kemampuan berfikir kritis simbolik anak belum sesuai harapan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penulis mencoba menggunakan pembelajaran dan kegiatan yang belum ada di kelasnya, yaitu dengan bermain flashcard. ermain flashcard adalah salah satu kegiatan yang mengasah berfikir simbolik, diharapkan dengan adanya kegiatan bermain flashcard ini kemampuan berfikir simbolik  anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hikmah, Desa. Megu Gede, Kec. Weru, Kab. Cirebon, TA 2022/2023 dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan berfikir simbolik pada peserta didik kelompok B1 TK Islam Nurul Hikmah Megu Gede meningkat dengan secara bertahap dapat dilihat dari hasil analisis data berfikir simbolik yang ada dalam setiap pertemuan pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada hasil observasi pra siklus anak dengan kriteria BB (belum berkembang) terdapat 10 anak dengan presentase 67%, pada kriteria MB (mulai berkembang) terdapat 4 anak dengan presentase 27%. Pada kriteria BSH (berkembang sesuai harapan) terdapat 1 anak dengan presentase 7 %. Pada hasil observasi siklus I pada kriteria BB (belum berkembang) terdapat 0 anak dengan presentase 0%, pada kriteria MB (mulai berkembang) terdapat 6 anak dengan presentase 40%, pada kriteria BSH (berkembang sesuai harapan) terdapat 7 anak dengan presentase 47 % dari seluruh jumlah anak, pada kriteria BSB (berkembang sangat baik) terdapat 2 anak dengan presentase 13%. Pada hasil observasi siklus II pada kriteria BSH (berkembang sesuai harapan) terdapat 1 anak dengan presentase 7%, pada kriteria BSB (berkembang sangat baik) terdapat14 anak dengan presentase 97%.

Keywords:

flashcard, simbolik, TK Islam Nurul Hikmah, peserta didik

References

‘Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741
Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528/445
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358
Citra Pendidikan, J., Rosana Tima, N., Ita, E., Tantiana Ngura, E., Studi PG-PAUD, P., & Citra Bakti Ngada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di Tkk Ade Irma Mataloko. 1, 431–444. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index
Heri, M., & Ariana, P. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Tpa Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 3(2), 3–4.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’?: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id
Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Pada Usia 5 – 6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 286. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p286-294
Regista Clody Pionika , Sasmiati, A. S. (2018). Telp: +6285840316976. Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini, 1.
Sa’diyah. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Sari, S. E. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI METHODE BERMAIN FLASHCARD BERSUARA DI KELOMPOK B1 TK ISLAM NURUL HIKMAH. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4648